Cara Mengubah BPJS Bayar ke Gratis Beserta Persyaratannya

Cara Mengubah BPJS Bayar ke Gratis Beserta Persyaratannya

 

Cara Mengubah BPJS Bayar ke Gratis

Tahukah anda bahwa ada cara yang bisa dilakukan untuk mengubah keanggotaan BPJS? Nah kali ini kita akan membahas mengenai tutorial dan panduan cara mengubah bpjs bayar ke gratis.

Bagi sebagian pihak tentunya BPJS ini memberatkan karena harus membayar biaya bulanan. Biaya bulanan yang harus dibayarkan tentu berbeda bergantung pada pilihan kelas yang dipilihnya.

Ternyata pemerintah juga memiliki program khusus yakni BPJS gratis khusus bagi para pemegang kartu Indonesia sehat. Artinya ada program untuk kemudian tidak perlu menonaktifkan bpjs melainkan kita bisa mengubah BPJS bayar ke dalam gratis.

Syarat Mengubah BPJS Bayar ke Versi Gratis

Jika memang mau melakukan perubahan dari BPJS bayar ke gratis, maka tentu ada beberapa hal yang kemudian jadi persyaratan penting yang harus dipenuhi. Beberapa persyaratan itu wajib dipenuhi untuk bisa melakukan perubahan.

Adapun beberapa persyaratan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Terdaftar sebagai peserta KIS (PBJS PBI)

Pertama Anda harus terdaftar sebagai peserta KIS (PBJS PBI). Sementara itu bagi masyarakat kurang mampu yang memang belum menjadi peserta program ini, kemudian disarankan untuk mengajukan diri dan melapor ke dinas sosial total terdekat.

Pada umumnya Anda diharuskan untuk menyiapkan beberapa persyaratan penting. Beberapa syarat untuk terdaftar di peserta KIS ini di antaranya adalah sebagai berikut:

  • KTP
  • Kartu keluarga
  • Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)
  • Surat pengantar dari Puskesmas

Setelah itu silakan pergi ke dinsos terdekat atau Tempat membawa berkas yang dibutuhkan untuk melakukan proses pendaftaran agar tercatat dan sekaligus juga mendapatkan kartu BPJS PBI atau kartu KIS.

2. Datang melaporkan ke BPJS Kesehatan

Setelah terdaftar Maka selanjutnya anda perlu datang ke kantor melaporkan ke BPJS Kesehatan. Setelah datang ke kantor tersebut nantinya Anda harus membawa beberapa data yang dibutuhkan juga diantaranya:

  • KTP seluruh keluarga dan kartu keluarga
  • Surat keterangan tidak mampu
  • Surat pengantar dari Puskesmas
  • Foto 3X4
  • Kartu BPJS sebelumnya

Jadi nantinya akan langsung di proses perubahan dari kartu BPJS berbayar menjadi gratis. Jadi tentu sangat mudah sekali untuk Anda bisa melakukan proses dan cara mengubah bpjs bayar ke gratis tersebut.

Share

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengubah BPJS Bayar ke Gratis Beserta Persyaratannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel