Kekurangan BCA Digital Blu Berdasar Pengalaman

Kekurangan BCA Digital Blu Berdasar Pengalaman

 

Kekurangan BCA digital "BLU"

Bank BCA kini berinovasi hadir mendirikan Apa yang disebut dengan bank digital atau digital banking. Adapun nama produknya itu dinamakan dengan nama BCA digital atau "BLU". Aplikasi yang satu ini dihadirkan oleh bank BCA resmi rilis pada tanggal 2 Juli 2021. Tentunya kehadirannya diharapkan untuk menjadi salah satu itu digital yang berinovasi dan bersaing dengan beberapa pilihan lainnya yang sudah ada di Indonesia.

Setelah sebelumnya saya membahas tentang kelebihan aplikasi blu BCA digital, kali ini saya akan coba ulas Mengenai kekurangan. Secara terperinci sudah saya bahas dalam artikel tersebut mengenai kelebihan dan keunggulan yang dimiliki. Nah kali ini saya akan bahas tentang beberapa kekurangan berdasarkan penilaian atau review yang bisa saya buktikan sendiri atau lihat sendiri.

Informasi seputar kekurangan yang akan saya sajikan di sini juga tentunya berdasarkan perbandingan dengan beberapa aplikasi lain. Salah satu diantaranya adalah saya coba membandingkan dengan aplikasi jenius yang merupakan digital banking pertama di Indonesia di bawah naungan BTPN. Dari perbandingan itu, tadinya saya mendapatkan beberapa kesimpulan mengenai kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi saat ini.

Beragam Kekurangan dari Aplikasi Blu BCA Digital

Sebuah aplikasi apapun itu pasti akan memiliki kelebihan dan kekurangan. Demikian juga dengan aplikasi BCA digital satu ini. Ada beragam kekurangan aplikasi blu BCA digital yang dimiliki jika dibandingkan dengan beberapa aplikasi lain. Salah satu diantaranya saya coba membandingkan dengan aplikasi jenius yang sebelumnya juga sudah lama saya gunakan. Adapun beberapa kekurangan dari aplikasi blu bca digital itu diantaranya adalah tidak memiliki kantor cabang, tidak ada fasilitas kartu, biaya transaksi beda bank yang mahal, serta kalau lupa password harus verifikasi wajah.

Adapun detail penjelasannya, akan coba diulas dalam beberapa penjelasan berikut dibawah ini:

1. Baru tersedia dalam versi Android

Pertama salah satu kekurangannya adalah di mana aplikasi yang satu ini di saat ini ketika baru saja dirilis, hanya baru tersedia dalam versi Android. Jadi belum tersedia dalam aplikasi versi OS lainnya seperti iOS atau iPhone. Para pengguna iPhone sepertinya memang harus tahan dulu atau sabar dulu untuk bisa menggunakan aplikasi digital banking yang satu ini. Mungkin ke depan juga pastinya akan diciptakan dalam versi tersebut.

Update: sekarang sudah tersedia versi ios, download disini

2. Tidak tersedia fasilitas ATM

Kekurangan selanjutnya adalah belum Tersedianya fasilitas ATM. Atau mungkin sepertinya memang tidak ada fitur ATM yang disajikan oleh bank yang satu ini. Pasalnya memang dari segi namanya saja sudah "BCA digital" artinya memang segala sesuatunya Sudah Serba digital sehingga tidak kemudian mengharuskan menggunakan kartu. Penggunaan kartu masih bisa dikatakan sebagai salah satu cara yang memang tradisional.

3. Tidak tersedia fitur virtual E-CARD

Jika dalam jenius itu ada fitur yang disebut dengan kartu virtual atau Biasa disingkat dengan E-CARD. Nah di dalam aplikasi blue ini sepertinya memang belum tersedia sehingga hanya satu jenis saja nomor akun yang bisa digunakan. Hal ini pastinya akan menjadikan terutama Bagi yang mau belanja dengan mata uang Dollar atau mata uang lain selain rupiah. Padahal jika ada kartu debit elektronik seperti itu, itu akan sangat memudahkan sekali.

4. Tidak memiliki kantor cabang

Karena memang konsep dari sistem digital itu adalah branchless, maka tidak heran jika anda tidak akan mungkin menemukan kantor cabang. Tapi biasanya untuk aplikasi lain seperti jenius ada yang disebut dengan booth khusus di beberapa tempat strategis seperti mall untuk melayani pembuatan baru ataupun juga komplain dan lainnya. Tapi sepertinya untuk bank BCA digital ini hanya menyajikan fitur contact support saja yang bisa dihubungi selama 24 jam dan nonstop kapan saja.

5. Fitur bayar beli yang masih terbatas

Kemudian kekurangan selanjutnya adalah dalam fitur bayar beli yang masih terbatas. Hanya sebatas pembelian pulsa saja yang baru tersedia dan beberapa tagihan diangkat juga masih terbatas. Mungkin ini ke depan akan terus bertambah banyak sesuai dengan jalinan kerjasama yang dibangun oleh pihak aplikasi dengan beberapa pihak tertentu.

6. Lupa password harus verifikasi wajah 

Kalau ada lupa password untuk masuk, maka harus melakukan verifikasi wajah. Nanti secara otomatis akan muncul kamera selfie yang kemudian benda harus arahkan ke muka anda. Saya sempat mengalami beberapa kali gagal pada saat melakukan proses verifikasi tersebut. Biasanya ada tiga gerakan yang harus anda lakukan pertama melihat ke depan, kedua miring ke kiri, kalau ketiga miring ke kanan. Dari segi sistem keamanan sepertinya ini jadi salah satu hal yang bagus agar supaya tidak digunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab akun yang kita miliki.

Setidaknya itulah beberapa kekurangan yang saat ini mungkin bisa saya jelaskan dan juga ketahui dari aplikasi tersebut. Semoga saja ke depan kekurangan aplikasi BCA digital blue ini bisa diperbaiki dan dibuat lebih baik lagi. Kalau saya berharap memang bisa menyayangi atau bahkan melebihi beragam pilihan fitur yang tersaji di aplikasi jenius yang sebelumnya sudah ada.

Share

Belum ada Komentar untuk "Kekurangan BCA Digital Blu Berdasar Pengalaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel