Apa Saja yang Bisa Digadaikan di Pegadaian?

Apa Saja yang Bisa Digadaikan di Pegadaian?

 

Apa Saja Barang yang Bisa Digadaikan

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan dana cepat adalah dengan menggadaikan sesuatu. Selain meminjam uang, gadai adalah salah satu cara yang selama ini juga sering banyak digunakan. Adapun lembaga gadai yang tidak tersedia cukup banyak dan salah satu diantaranya adalah Pegadaian. Pegadaian sendiri merupakan salah satu lembaga milik BUMN. Hal yang jadi pertanyaan adalah tentang jenis apa saja yang bisa digadaikan di pegadaian tersebut. Lebih jelas kita ulas Disini..

Tidak Semua Barang Bisa Digadaikan

Pertama harus diketahui bahwa tidak semua barang bisa digadaikan. Artinya Ada beberapa barang yang tidak bisa digadaikan di pegadaian pemerintah ataupun juga Pegadaian swasta lainnya. Biasanya barang yang bisa digadaikan itu adalah barang yang memang memiliki nilai yang cukup tinggi ataupun juga bisa dikatakan barang yang berharga.

Kan itu juga ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum kita akan menggadaikan suatu barang yang bisa digadaikan ke pihak Pegadaian. Terkadang juga setiap lembaga Pegadaian memiliki kebijakan syarat yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Daftar Jenis Barang yang Bisa Digadaikan di Pegadaian

Kali ini kita akan coba ulas dan simak beberapa jenis barang yang bisa digadaikan di Pegadaian. Hal ini menjawab pertanyaan dalam judul diatas yakni tentang apa saja yang bisa digadaikan tersebut. Oleh karenanya tentu kita harus bisa mengetahui beberapa jenis barang yang bisa digadaikan dan bagaimana cara kita menggadaikan barang tersebut.

Bahkan lebih dari itu kita juga harus bisa mengetahui bagaimana cara penentuan nilai dari produk barang terhadap pinjaman yang akan diberikan oleh Pegadaian. Proses taksir Mbak harga barang ini juga merupakan salah satu bagian penting yang dilakukan oleh pihak Pegadaian itu sendiri. Adapun beberapa jenis barang yang bisa digadaikan melalui lembaga Pegadaian itu diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sertifikat

Pertama jenis barang berharga yang kemudian bisa dijaminkan adalah jenis sertifikat. Ada beragam jenis sertifikat yang mungkin banyak diketahui. Akan tetapi salah satu jenis sertifikat yang memiliki nilai harga tinggi adalah sertifikat rumah. Selanjutnya kemudian juga ada sertifikat surat kepemilikan mobil dan motor. Juga bisa mungkin sertifikat PNS.

Sertifikat tersebut memiliki nilai yang tinggi dan bisa digadaikan di pegadaian atau beberapa lembaga gadai lainnya. Sementara kebijakan mengenai penentuan harga akan ditaksir berdasarkan nilai harga barang dari sertifikat tersebut.

2. Emas dan logam mulia

Barang selanjutnya yang kemudian bisa digadaikan adalah jenis emas. Sebagaimana diketahui bahwa emas merupakan salah satu barang berharga yang bisa digunakan dan diandalkan. Barang masih ini jadi salah satu barang yang memang sangatlah memiliki nilai yang cukup tinggi dan juga harga tidak pernah turun. Barang emaas  seringkali jadi salah satu jaminan yang banyak digunakan karena lebih praktis. Selain itu juga ada beragam logam mulia yang bisa dijaminkan mulai dari berlian, mutiara, perak dan lainnya.

Ada beragam jenis emas juga yang kemudian bisa digunakan sebagai jaminan mulai dari emas batangan atau pun juga perhiasan. Beberapa perhiasan mulai dari gelang, cincin, kalung dan lainnya juga sebetulnya sangat mungkin digunakan untuk jaminan. Dengan begitu Anda bisa menjaminkan itu itu dengan mudah dan juga praktis mendapatkan dana cepat.

3. Kendaraan

Kendaraan juga merupakan salah satu barang berharga yang bisa digadaikan. Kendaraan merupakan salah satu yang sering digunakan mungkin dibutuhkan untuk kebutuhan transportasi. Barang ini bisa digadaikan dalam bentuk surat kepemilikan seperti BPKB ataupun juga kendaraan mobil atau motor itu sendiri. Ada beberapa Pegadaian yang memang hanya menyita bPKB saja, tapi ada juga yang mengharuskan anda untuk menyimpan kendaraan tersebut di pihak Pegadaian.

Sementara itu nilai pinjaman yang bisa didapatkan dari gadai ini Tentu juga di sesuaikan dengan harga dari barang itu sendiri. Harga kendaraan bermotor itu akan menjadi salah satu bahan yang ditaksir untuk memberikan pinjaman kepada para nasabah.

4. Barang elektronik

Jenis barang selanjutnya yang kemudian juga bisa digadaikan adalah elektronik. Barang-barang elektronik sangat banyak sekali dan ini jadi salah satu pilihan yang juga paling mudah dan praktis. Jika anda memiliki barang elektronik dirumah maka kemudian itu bisa anda jadikan sebagai salah satu jaminan gadai di Pegadaian. Ada beragam jenis juga yang memang tersedia mulai dari gadai kamera di Pegadaian, gadai iPhone di Pegadaian, dan juga banyak lainnya.

5. Barang mewah branded

Ada juga Pegadaian yang memungkinkan para nasabah menggadaikan beberapa produk barang mewah yang juga branded. Ada banyak sekali sebetulnya barang mewah yang selama ini banyak di gunakan oleh masyarakat dan kemudian itu bisa dijadikan sebagai salah satu jaminan gadai. Beberapa barang mewah yang dimaksud misalnya ada gadai tas mewah, gadai jam tangan mewah dan banyak lagi lainnya.

Agar Kemudian Anda bisa lebih tahu dan paham betul Apa saja barang yang bisa digadaikan di Pegadaian, anda bisa tanya langsung ke pihak Pegadaiannya sendiri. Dengan begitu Anda bisa temukan informasinya dengan mudah dan cepat.

Share

Belum ada Komentar untuk "Apa Saja yang Bisa Digadaikan di Pegadaian? "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel