Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak Anda

Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak Anda

 

Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak

Salah satu keluhan yang sering dialami oleh para nasabah pinjaman online adalah cara penagihan yang terkadang brutal. Para debt collector pinjaman online tersebut terkadang menyebar data milik nasabah. Selain itu bahkan juga menagih melalui kontak yang ada di handphone nasabah. Oleh karenanya penting dari awal kita ketahui bagaimana cara agar pinjol tidak bisa akses kontak supaya bisa lebih aman.

Ada bahaya tersendiri yang kemudian bisa terjadi jika pihak pinjaman online bisa mengakses kontak anda. Mereka akan menghubungi nomor yang ada di kontak anda untuk kemudian dilakukan penagihan jika suatu saat anda telat bayar. Tentu ini akan membuat malu Anda sebagai nasabah yang meminjam ke aplikasi pinjaman online tersebut bahkan banyak juga harus malu lainnya.

Bagaimana Cara Supaya Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak?

Nah ini yang paling penting dan perlu untuk dipahami yakni tentang bagaimana cara agar supaya pinjol tidak bisa akses kontak. Hal ini haruslah dipahami terutama oleh para nasabah yang pemula. Akan akan lebih baik jika anda mengetahui cara ini sebelum mengajukan pinjaman online di aplikasi pinjol manapun di internet.

Dengan mengetahui ini semua dengan baik, maka setidaknya nanti akan membantu anda untuk bisa menghindari beberapa risiko. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan yakni:

1. Pinjamlah di aplikasi pinjol resmi OJK

Pertama pastikan agar anda meminjam dana secara online melalui aplikasi pinjaman online yang resmi dan terpercaya. Salah satu caranya adalah dengan melihat Apakah aplikasi tersebut sudah terdaftar atau memiliki izin dari OJK atau belum. Jika ternyata tidak terdaftar di OJK dan bahkan mungkin di blacklist dari OJK, sebaiknya anda jangan ambil resiko untuk menggunakannya.

Aplikasi pinjaman online yang sangat banyak tapi tidak semuanya memiliki izin. Aplikasi pinjaman online yang layak dipilih adalah yang memiliki izin resmi termasuk dari Otoritas Jasa Keuangan. Sementara situs atau aplikasi pinjaman online yang tidak memiliki izin, biasanya itu adalah masuk dalam kategori pinjaman online ilegal yang sebaiknya dihindari.

2. Setting perizinan di handphone

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan proses setting perizinan di handphone. Harus anda ketahui bahwa Android dan iPhone memiliki sistem operasi yang memberikan kebebasan bagi para pengguna saat mendownload dan menginstal aplikasi tertentu. Ada beragam perizinan yang kemudian bisa digunakan aplikasi terhadap pengguna aplikasi tersebut di handphonenya. Adapun beberapa kerajinan tersebut misalnya:

  • Mikrofon
  • Telepon
  • SMS
  • Sensor Tubuh
  • Kontak
  • Lokasi
  • Kalender
  • Kamera
  • Stoorage

Ketika anda mengizinkan aplikasi untuk mengakses semua hal di atas, apa itu artinya nanti pihak aplikasi atau pemilik aplikasi bisa mendapatkan data dari perizinan tersebut. Kemudian di sini yang membedakan antara aplikasi pinjol legal dan ilegal adalah dari permintaan izin.

  • Izin aplikasi pinjol legal; aplikasi pinjaman online legal biasanya hanya mengakses layanan kamera dan juga mikrofon dan lokasi. OJK juga pastikan dan jamin itu semua dimana pinjol legal tak akan akses kontak dan gallery
  • Izin aplikasi pinjol ilegal; sementara jika Anda menggunakan aplikasi pinjol ilegal, mereka akan memaksa untuk mengakses beragam hal lain termasuk juga kontak dan SMS.

Oleh karena itu Anda melakukan setting pada handphone anda. Adapun cara setting dan pengaturannya sangatlah mudah.

  1. Anda masuk ke menu Settings/Pengaturan
  2. Lalu pilih aplikasi (apl)
  3. Cari aplikasi pinjaman online tersebut
  4. Perizinannya nonaktifkan semua


Dengan cara begitulah maka pihak pemilik aplikasi pinjol tersebut tidak akan bisa beragam hal yang ada di handphone atau smartphone anda.

3. Ganti nomor

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti nomor. Untuk mengantisipasi bahwa pihak penjual tersebut sudah mencatat nomor dan data lain dari nomor anda, maka selanjutnya anda bisa coba ganti nomor baru. Nomor lama anda bisa ganti dengan nomor baru kemudian juga untuk nomor lama bisa ada hapus. Dengan cara demikian nanti diharapkan pihak kolektor yang menagih juga tidak akan bisa menghubungi anda lagi.

4. Hapus nomor WhatsApp

Aplikasi messenger WhatsApp juga yang sering digunakan untuk kebutuhan dan proses penyadapan ataupun juga penagihan oleh debt collector. Para depkolektor memanfaatkan nomor WhatsApp untuk kemudian mereka mencari grup atau teman kontak para nasabah dan bahkan melakukan penagihan kepada teman-temannya. Dengan menghapus nomor WhatsApp, setidaknya itu bisa jadi salah satu cara terbaik untuk menghilangkan jejak.

5. OFF-kan GPS

Selanjutnya Anda juga bisa merubah setting GPS untuk selalu non aktif. Hal ini karena memang seringkali GPS dijadikan sebagai salah satu cara melacak yang dilakukan oleh pihak penjual tersebut.

Jadi itu adalah beberapa hal atau cara yang bisa dilakukan. Namun sebaliknya jika anda sudah berani melakukan pinjaman secara online di aplikasi manapun, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah kemampuan bayar anda. Kalau anda tidak sanggup bayar tentunya ketika ada penagihan dilakukan itu menjadi salah satu resiko dan konsekuensi.

Namun tentunya akan sangat memberatkan Jika Anda terjebak dengan pinjol yang ternyata adalah lintah darat. Apalagi aplikasi pinjol itu ternyata ilegal dan menerapkan bunga yang tinggi untuk setiap kali anda telat dalam pembayaran. Maka dari itu Perhatikan dengan baik baca dengan seksama aplikasi pinjaman online yang akan dipilih Supaya Anda tidak terjebak dengan semua hal buruk tersebut.

Share

Belum ada Komentar untuk "Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel