5 Perbedaan Utama Antara E-Wallet dan E-Money

5 Perbedaan Utama Antara E-Wallet dan E-Money

 

Perbedaan E-Wallet dan E-Money

Uang elektronik terbagi menjadi dua kategori yaitu e-wallet dan juga e-money. Apa Perbedaannya? Pasti sebagian besar orang beranggapan bahwa keduanya adalah sama. Namun ternyata, keduanya e-wallet vs e-money memiliki perbedaan yang sangat menonjol.

Pada beberapa tahun ini, penggunaan transaksi online semakin meningkat. Dimulai dari berbelanja online, membayar transportasi, tiket, hotel, pulsa dan listrik hingga tagihan angsuran. Dalam bertransaksi online, masyarakat menyebut penggunaan pembayaran online sebagai uang elektronik.

Beberapa Perbedaan Antara E-Wallet dan E-Money

Menggunakan kata elektronik tapi tentunya ada perbedaan yang menonjol diantara keduanya. Dari bahasa Inggris misalnya, wallet artinya dompet, jadi ewallet bisa disebut sebagai dompet digital. Ini artinya pengganti dompet yang sering kita bawa. Didalamnya tentu ada uang dan bahkan bisa digunakan untuk kebutuhan transaksi secara otomatis.

Sementara e-money, adalah uang elektronik. Dan ini memang biasanya berbentuk kartu /card yang sudah ditanam chip dan NFC, seperti kartu e-toll dimana anda cukup tempelkan untuk melakukan pembayaran otomatis.

Sebetulnya, beda e wallet dan e money memiliki perbedaan meskipun sama sama digunakan untuk kebutuhan transaksi online. Berikut penjelasan tentang jawaban atas pertanyaan apa beda e wallet dan juga e money:

1. Berbasi Server dan Chip

E-Money adalah bentuk uang elektronik yang berbasis Chip, yang mana sebuah chip ditanamkan dalam kartu. Contoh penggunaannya adalah e-toll dan sebagainya.

Sedangkan untuk E-Wallet adalah bentuk uang elektronik yang berbasis dalam server. Biasanya, penggunaan e-wallet adalah dalam bentuk  aplikasi yang tentunya membutuhkan koneksi internet untuk dapat terhubung ke server.

2. Proses Registrasi /Pendaftaran

Pada dasarnya, pengguna e-money tidak harus melakukan pendaftaran untuk memilikinya, sedangkan untuk e-wallet diperlukan pendaftaran dan juga verifikasi data diri. Ada beberapa akun penyedia dompet digital juga biasanya mengharuskan anda melakukan registrasi. Sementara untuk e-money seperti anda cukup beli di Alfamart atau Indomaret untuk membeli kartu.

3. Topup/ Pengisian Saldo

Dalah hal ini, tidak ada perbedaan untuk e-wallet maupun e-money. Namun untuk e-wallet memiliki metode pengisian saldo yang sangat cukup beragam sehinga lebih memudahkan pengguna dalam melakukan pengisian saldo..

4. Pengguna /User

Dari segi pengguna, keduanya cukup memiliki pengguna yang sangat banyak. Baik emoney maupun e-wallet memiliki fungsi dan cara penggunaan yang berbeda namun dapat untuk melakukan transaksi secara online.

5. Batas Limit Saldo

Untuk dapat menyimpan uang dalam jumlah yang cukup besar, maka pilihan yang tepat adalah e-wallet. Berdasarkan pada aturan Bank Indonesia, e-money hanya dapat di top up dengan maksimal Rp 2.000.000 sedangkat untuk e-wallet dapat lebih besar.

Untuk dapat melengkapi kebutuhan transaksi online, maka kamu dapat menggunakan e-wallet yang sudah sangat beragam saat ini. Kamu dapat memilih sesuai kebutuhan dan fungsi penggunaannya. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan informasi yang tepat.

Share

Belum ada Komentar untuk "5 Perbedaan Utama Antara E-Wallet dan E-Money"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel