Memahami Arti di Balik Nomor Serial Kartu Kredit

Memahami Arti di Balik Nomor Serial Kartu Kredit
Arti di Balik Nomor Serial Kartu Kredit

Dalam melakukan transaksi di era modern seperti sekarang ini, banyak dari kita menggunakan kartu kartu sebagai alat pembayaran. Kartu yang banyak digunakan saat ini memiliki berebapa macam, yaitu kartu ATM, kartu debit dan kartu kredit. Nah sekarang kita bahas mengenai arti di balik nomor serial pada kartu kredit yang kadang belum dipahami banyak orang.

Jika anda memiliki diantara kartu tersebut, maka anda sudah tentu pernah melihat deretan nomor serial di bagian depan kartu baik kartu ATM, kartu debit maupun kartu kredit. Apakah anda tahu, bahwa deretan angka yang ada pada kartu ini ternyata memiliki arti dan fungsi tersendiri.

Apa Fungsi Nomor Serial Pada Kartu Kredit?

Deretan Nomor Serial yang terdapat pada kartu seperti kartu kredit memiliki peran yang sangat penting, yaitu untuk dapat mengidentifikasi provider kartu, bank penerbit dan juga informasi akun pemilik. Selain itu, angka ini juga berfungsi untuk layanan pemeriksaan keamanan.

Siapa Organisasi Pengatur Nomor Serial Pada Kartu Tersebut?

Pittsburgh Post-Gazette merupakan satu satunya organisasi yang dapat menetapkan nomor serial pada kartu kredit, untuk jaringan kartu kredit tertentu seperti VISA, Mastercard, Bank of Amerika juga JP Morgan Chase.

Saat kartu digesek ke mesin EDC, terminal akan menggunakan pita magnetic untuk dapat mengidentifikasi jalur transaksi melalui jaringan kartu lalu mengetahui institusi finansial yang terdaftar di dalam kartu yang kemudian transaksi bisa di otorisasi.

Beberapa Jenis Algoritma Sistem yang Digunakan

Setiap kartu tanpa memperhatikan jaringan dari kartu kredit apapun atau bank manapun pasti mengadopsi yang disebut Sistem Algoritma Luhn yang dapat menentukan validalitas dari kartu kredit. Algoritma Luhn adalah algoritma matematikal yang mana kombinasi dari beberapa nomor harus menambahkan dengan nomor yang hasilnya adalah 0.

Umumnya, digit pertama atau juga kedua dari kartu kredit maupun kartu debit menandakan provider sebuah kartu. Digit selanjutnya menentukan mata uang yang dipakai, bank yang memproses transaksi sampai nomor akun perorangan.

Namun secara spesifik, beberapa jaringan yang beroperasi akan sedikit berbeda, diantaranya yaitu:

1. VISA

Digit pertama yaitu angka 4 sedangkan digit kedua sampai ketujuh yaitu nomor untuk menyambungkan VISA ke institusi finansial.

2. Mastercard

Mastercard memiliki angka 5 dalam digit pertama, baik kartu kredit maupun debit. Ini merupakan nomor identifikasi untuk kartu Mastercard. Nomor selanjutnya yaitu untuk merepresentasikan nomor bank, nomor akun serta digit pemeriksaan.

3. American Express

2 digit pada kartu American Express adalah untuk identifikasi sedangkan digitk ketiga dan keempat adalah tiper kartu serta mata uang, selanjutnya adalah nomor akun, pada digit ke 12 dan ke 14 adalah nomor kartu, sedangkan digit terakhir untuk pemeriksaan.

Demikian informasi tentang arti di balik nomor serial pada kartu kredit. Semoga menambah wawasan dan memberikan informasi yang bermanfaat.

Share

Belum ada Komentar untuk "Memahami Arti di Balik Nomor Serial Kartu Kredit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel