Cara Menghitung Bunga Pinjaman Bank BRI (Flat vs Efektif)

Cara Menghitung Bunga Pinjaman Bank BRI (Flat vs Efektif)

 

Cara Menghitung Bunga Pinjaman Bank BRI

Apakah anda mau mengajukan pinjaman ke bank BRI? Sebelum anda mengajukan, sebaiknya Anda ketahui beberapa hal. Misalnya adalah mengetahui bagaimana cara menghitung bunga pinjaman bank bri simpedes, kur, per bulan. Teknik perhitungan ini jadi salah satu bagian penting agar supaya Anda bisa mengetahui berapa bunga yang harus anda bayarkan.

Bunga sendiri sebetulnya memang kebijakannya ada di pihak bank. Sementara pada debitur, itu juga bisa memilih jenis bunga apa saja yang mungkin bisa mereka pilih. Mereka bisa memilih jenis bunga yang memang ditentukan, ataupun juga berdasarkan kesepakatan.

Perhitungan bunga sendiri ada dua, pertama Anda bisa menggunakan perhitungan bunga flat. Dan kedua Anda bisa menggunakan bunga efektif. Keduanya tentu membutuhkan teknik dan cara perhitungan yang berbeda satu sama lain. Maka dari itu anda perlu memahami terlebih dahulu.

Begini Cara Menghitung Bunga Pinjaman Bank BRI

Bagi Anda yang memang belum mengetahui cara menghitung bunga pinjaman bank bri, nah disini akan coba dijelaskan. Penjelasan yang akan kemudian dibahas disini tentu berdasarkan dua jenis hubungan tersebut.

Anda bisa gunakan perhitungan pinjaman bank bri berdasarkan bunga flat, juga Anda bisa menghitung berdasarkan bunga efektif. Pentingnya keduanya memiliki perhitungan dan rumus yang berbeda. Berikut penjelasannya:

1. Menghitung bunga flat

Jenis bunga pertama adalah flat pada kredit biasanya memang tanpa agunan baik itu untuk kredit bermotor ataupun juga kredit usaha rakyat. Pada umumnya juga biasanya sudah tersedia tabel pinjaman berapa yang harus dibayarkan setiap bulan.

Sementara itu untuk teknik dan cara perhitungannya sendiri, ada rumus khusus yang digunakan adapun rumusnya adalah sebagai berikut:

Bunga  = [Total pinjaman X bunga per tahun (%)]

                           12 bulan

Contoh perhitungan:

Jika anda misalnya meminjam dasar 50.000.000 dari Bank BRI untuk 2 tahun, maka kemudian perhitungannya adalah sebagai berikut:

  • Cicilan pokok: 50 juta: 24 = 2.083.333
  • Bunga: (50.000.000 x 6%): 12 bulan = 250.000

Jadi cicilan per bulannya adalah cicilan pokok + bunga = 2.333.333

Jadi itu adalah perhitungan bunga flat. Biasanya cicilan pokok dan bunga akan sama setiap bulannya.

2. Menghitung bunga efektif

Nah kemudian yang selanjutnya adalah Anda harus mengetahui bagaimana cara menghitung bunga efektif. Ini berbeda dengan bunga flat tentunya. Pada perhitungan ini, nasabah harus membayar berbeda-beda bulannya.

Bunga = Saldo pinjaman terakhir x suku bunga per tahun (%)

                                      12 bulan  

Perhitungannya sebetulnya sangat hampir sama dengan diatas. Tapi tentunya perbedaannya adalah pada perhitungan cicilan bulan selanjutnya. Jadi misalnya kalau ambil saja contoh di atas, cicilan pertama adalah sebesar 2.333.333. Dengan pokok 50.000.000. Lalu pada perhitungan bulan selanjutnya, nanti pokok utama diambil sebelum dihitung akan dikurangi dengan uang yang sudah disetor pada bulan pertama untuk cicilan pokok.

Jadi Itu sekilas tentang bagaimana cara menghitung bunga pinjaman bank BRI secara flat dan efektif. Anda bisa Coba lakukan perhitungan sendiri untuk bisa mendapatkan informasi dan juga perhitungan yang matang.

Share

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghitung Bunga Pinjaman Bank BRI (Flat vs Efektif)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel