KUR BRI Syariah: Syarat, Simulasi dan Pengajuan

KUR BRI Syariah: Syarat, Simulasi dan Pengajuan

 

kur bri syariah

Tidak kalah dengan Bank BRI konvensional yang menawarkan produk pinjaman kredit usaha rakyat, bank BRI Syariah juga menawarkan itu. Kini, para nasabah bisa mengajukan pembiayaan melalui KUR bri syariah. Ini adalah salah satu jenis pembiayaan yang ditawarkan dengan memakai skema syariah. Ada beragam jenis akad yang digunakan dalam pembiayaan ini salah satu diantaranya jual beli atau akad murabahah.

Produk pembiayaan kredit usaha ini memang fokus diberikan untuk para nasabah muslim. Banyak diantaranya yang kemudian tentu enggan atau dari kita lagi riba. Jenis pembiayaan ini tentu menyasar kalangan tersebut. Para nasabah tidak perlu takut dengan riba karena disini skema yang digunakan sudah sesuai dengan syariat dan ekonomi Islam.

Adakah KUR di BRI Syariah?

Produk KUR bukan hanya disalurkan melalui bank BRI konvensional tetapi juga disalurkan melalui bank BRI Syariah. Jadi Bank ini juga menjadi salah satu penyalur program pemerintah yakni kredit usaha rakyat dengan menggunakan skema Syariah. Para nasabah yang memang enggan atau masih alergi dengan skema pembiayaan berbunga di konvensional bisa mengajukan melalui skema Syariah ini.

Apakah KUR BRI Syariah itu?

KUR BRI Syariah adalah produk pembiayaan dari Bank BRI Syariah yang diberikan untuk para pelaku usaha. Program ini sebetulnya merupakan salah satu program pemerintah yang yang disalurkan melalui bank pelat merah BUMN salah satu diantaranya adalah BRI. Produk pembiayaan ini juga diberikan dengan skema akad Syariah yakni akad jual beli murabahah.

Produk pembiayaan ini juga diberikan untuk beragam kebutuhan masyarakat khususnya dalam bidang usaha jual beli. Pembiayaan ini bisa digunakan untuk beragam kebutuhan mulai dari pengembangan bisnis, investasi sampai dengan modal kerja. Sesuai dengan namanya kredit usaha tentu lebih diprioritaskan terhadap masyarakat dalam pengembangan usahanya.

Apa Perbedaan KUR Konvensional dan Shariah?

Berbicara mengenai perbedaan jelas ada perbedaan yang sangat mencolok. Salah satu di antaranya adalah skema pembiayaan yang diberikan. Jika dalam konvensional itu menggunakan skema bunga, dalam produk Syariah menggunakan skema akad.

Ketika anda mengajukan menggunakan skema konvensional melalui bank BRI, maka anda akan dikenakan bunga sebesar 6% per tahun. Kemudian jika dikalkulasikan itu adalah senilai atau setara 0,2% flat per bulan.

Berapa Bunga KUR BRI Syariah?

Apabila ditanya tentang berapa suku bunga dari produk KUR dari BRI Syariah ini, maka jawabannya tidak ada. Pasalnya memang sistem atau skema dari bank syariah itu tidak menggunakan bunga. Justru bank syariah menghindari Apa yang disebut dengan bunga. Akan tetapi skemanya adalah menggunakan sistem margin.

Margin dalam akad jual-beli ini tentu di sesuaikan dan juga harus disepakati terlebih dahulu. Nasabah juga harus jelas jenis pembiayaan atau pun juga pembelian apa saja untuk kemudian nanti mudah ditentukan margin keuntungan yang diambil oleh pihak bank.

Apa Saja Jenis KUR Syariah BRI itu?

Setidaknya ada 3 pilihan jenis produk kredit usaha rakyat  yang disalurkan oleh BRI Syariah. Adapun ketiga jenis produk tersebut di antaranya meliputi.

  1. KUR mikro iB - ini adalah salah satu jenis produk KUR yang diberikan dengan batas maksimal pembiayaan sebesar 25 juta. Kemudian tenor maksimal yang bisa dipilih hanya sampai 3 sampai 5 tahun saja.
  2. KUR Mikro kecil iB - ini adalah produk kredit mikro dengan pembiayaan maksimum sampai 200 juta. Sementara itu tenor yang bisa dipilih ih bisa mencapai 4 tahun untuk modal kerja, dan 5 tahun untuk pembiayaan investasi.
  3. KUR TKI - ini adalah produk yang dikhususkan untuk para tenaga kerja Indonesia atau calon TKI di beberapa negara terpilih. Adapun beberapa negara yang dimaksud misalnya ada Hongkong, malaysia, taiwan, singapura, brunei, korea dan lainnya.

Syarat Mengajukan KUR di BRI Syariah

Bagi yang tertarik untuk mengajukan produk kredit usaha rakyat berbasis Syariah di bank BRIs, tentu harus bisa memenuhi syarat ketentuan. Disini ada dua kategori syarat ketentuan yang harus dipenuhi oleh para calon nasabah yang akan mengajukan. Adapun kedua syarat yang dimaksud itu adalah meliputi syarat dasar umum dan syarat dokumen yang harus disiapkan.

1) Syarat dasar umum pengajuan

Pertama nasabah harus memenuhi syarat dasar atau umum sebelum melakukan proses pengajuan tersebut. Ada beberapa hal yang kemudian menjadi syarat utama perlu dipenuhi meliputi diantaranya:

  • Warga negara Indonesia atau WNI
  • Nasabah perorangan
  • Memiliki usaha produktif berjalan minimal 6 bulan
  • Bebas dari BI checking
  • Berusia 18 buat yang belum menikah dan 21 tahun buat yang belum menikah
  • Berusia 65 tahun untuk jatuh tempo pembiayaan
  • Mengisi formulir

2) Syarat dokumen pengajuan

Ketika anda bisa memenuhi syarat umum dan dasar sebagaimana disebutkan di atas, maka selanjutnya anda perlu mengajukan dan menyiapkan syarat dokumen. Adapun beberapa dokumen yang dibutuhkan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki rekening Bank BRI Syariah
  • Menyiapkan fotokopi KTP dan KK
  • Menyiapkan NPWP
  • Menyiapkan dokumen bukti usaha SIUP, TDP, atau surat izin usaha lainnya
  • Menyiapkan jaminan surat seperti SHM, SHGB, SHMRS, AJB/ Letter C/ Girik
  • Jadi silakan Anda siapkan beragam syarat diatas sebelum kemudian proses pengajuan dilakukan.

Cara Mengajukan KUR via BRI Syariah

Setelah semua data dan dokumen serta syarat ketentuan di atas dipenuhi, maka selanjutnya Anda bisa Coba langsung mengajukan. Nanti proses pengajuan sendiri coba tanya bisa anda lakukan secara langsung dengan datang ke bank umum BRI Syariah atau secara online.

Pengajuan tentu bisa dilakukan sesuai dengan apa yang ingin anda pilih. Pengajuan online memang bisa jadi salah satu cara yang paling mudah tapi tidak selamanya di verifikasi. Meskipun Anda mengajukan online, tetapi anda harus datang ke kantor bank terdekat untuk melakukan verifikasi dan detail lainnya.

1) Pengajuan KUR Syariah via online

Proses pengajuan KUR 100juta syariah secara online bisa dilakukan melalui situs resmi dari Bank BRI Syariah. Adapun situs resminya Anda bisa buka melalui salamdigital.brisyariah.co.id. Disana ada tombol ajukan, lalu kemudian Anda isi email anda untuk verifikasi terlebih dahulu. Setelah itu Anda akan mendapatkan formulir untuk dilakukan pengisian informasi yang dibutuhkan untuk pengajuannya.

2) Pengajuan secara manual langsung

Selanjutnya juga Kemudian Anda bisa melakukan proses pengajuan secara langsung dengan datang ke kantor bank. Setidaknya ada beberapa Proses penting yang harus dilakukan untuk Anda yang mau mengajukan langsung diantaranya:

  1. Siapkan dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan
  2. Kunjungi kantor Bank BRI Syariah terdekat
  3. Minta bertemu dengan Account Officer Mikro/AOM
  4. Minta penjelasan lebih lengkap dan detail
  5. Serahkan data dan dokumen yang dibutuhkan
  6. Pihak officer akan melakukan pengecekan
  7. Apabila disetujui, anda akan dipanggil untuk tanda tangan
  8. Dana pengajuan yang cair akan masuk ke rekening BRI Syariah anda

Berapa Lama Pencairan KUR Syariah BRI?

Perihal lama pencairan atau proses pengajuan sebetulnya memang itu menjadi kebijakan dari pihak bank. Mereka juga akan melihat sebagaimana kepadatan pengajuan yang dilakukan oleh nasabah lain. Akan tetapi secara umum biasanya pengajuan itu bisa dilakukan pencarian dengan membutuhkan waktu 7 sampai 14 Hari. Akan tetapi tentu sebelumnya akan dilakukan proses survei oleh pihak bank BRI terlebih dahulu.

Setelah survei dilakukan arah kemudian analisa juga dilakukan oleh pihak ke bank BRI syariah, maka akan ada keputusan apakah aplikasi pengajuan ada di setuju atau tidak. Jika disetujui, anda akan diminta untuk datang ke kantor untuk melakukan pendataan penandatanganan akad. Setelah itu dana yang di ajukan pun akan cair dan masuk ke rekening anda.

Simulasi Kredit KUR Melalui BRI Syariah

Mengenai simulasi sebetulnya Anda bisa melakukan proses pengecekan sendiri melalui situs resminya. Tapi di sini saya akan coba berikan informasi mengenai simulasi berdasarkan jangka waktu yang bisa dipilih. Sebagai contoh saya akan berikan perumpamaan untuk Anda yang melakukan pinjaman sebesar 50 juta. Berikut adalah simulasi cicilan perbulannya:


Tenor Cicilan
6 BulanRp8.479.773/bulan
12 BulanRp4.303.321/bulan
24 BulanRp2.216.031/bulan
36 BulanRp1.521.097/bulan
48 BulanRp1.174.251/bulan
60 BulanRp966.640/bulan

Jadi begitulah sekilas informasi mengenai KUR BRI Syariah. Semoga beberapa informasi diatas bisa membantu. Jika kiranya berkenan dan bermanfaat, silakan bagikan artikel ini.

Share

Belum ada Komentar untuk "KUR BRI Syariah: Syarat, Simulasi dan Pengajuan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel