Bank Jago vs Jenius: Persamaan dan Perbedaan

Bank Jago vs Jenius: Persamaan dan Perbedaan

 

Bank Jago vs Jenius

Bank digital indonesia kini semakin bertambah banyak. Dulu aplikasi jenius dari BTPN menjadi Bank digital pertama di Indonesia. Setelah itu kemudian banyak diantara bank dan lembaga keuangan lain yang coba mengembankkan konsep digital banking. Salah satu yang baru di antaranya adalah aplikasi jago dari Bank jago. Nah kali ini kita akan komparasi Bank Jago vs Jenius mulai dari persamaan sampai perbedaan.

Kedua aplikasi digital banking ini memang saat ini banyak sekali penggunaannya di Indonesia. Ada beragam pilihan fitur yang dimiliki oleh kedua aplikasi tersebut. Bahkan beberapa di antaranya memang memiliki kemiripan. Oleh karenanya penting untuk coba ditelusuri terutama bagi yang belum menggunakan salah satu atau keduanya. Dengan begitu diharapkan anda nanti bisa dapat pencerahan.

Kenalan Dulu Dengan Bank Jago dan Jenius

Sebelum bahas lebih lanjut tentang perbedaan dan persamaan dari kedua aplikasi itu, baiknya kita coba kenalan dulu dengan dua aplikasi tersebut. Tidak hanya kita ketahui terlebih dahulu Apa itu aplikasi jenius dan Apa itu aplikasi Bank jago.

1) Apa Itu Jenius?

Jenius adalah sebuah aplikasi digital banking yang dirilis oleh Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN). Aplikasi fintech Jenius satu ini dirilis pertama kali pada tahun 2016 lalu. Bahkan bisa dikatakan ini merupakan salah satu bank digital pertama di Indonesia. Pada awalnya cukup mengejutkan banyak pihak karena bank yang sebelumnya hanya notabene mengurus tabungan pensiunan justru malah melahirkan inovasi kekinian.

Jenius hadir mengusung konsep Banking Reinvented dengan fokus memberikan kemudahan dan keleluasaan untuk para nasabah. Para pengguna bisa mengatur keuangan dalam genggaman tangan dengan mudah, cerdas dan aman. 

2) Apa Itu Bank Jago

Aplikasi jago adalah aplikasi Bank digital yang dirilis oleh perusahaan bernama Bank jago. Bank ini sebelumnya memiliki nama PT Bank Artos Indonesia Tbk (Bank Artos) yang sudah berdiri sejak tahun 1992. Bank satu ini berubah menjadi Bank jago pada 2019 lalu dan menghadirkan aplikasi mobile digital banking, dimana gojek melalui anak perusahaannya juga memiliki saham di bank tersebut.

Aplikasi Bank jago ini mengusung konsep life-centric memudahkan para pengguna dalam mengatur dan mengelola keuangan saat ini dan masa depan. Mengelola keuangan bisa jadi lebih mudah dan kolaboratif serta aman dalam hanya genggaman tangan.

Peran Ex-direktur BTPN dalam Melahirkan Bank Jago

Lahirnya Bank jago pada tahun 2019 itu salah satu diantaranya diinisiasi oleh mantan direktur BTPN bernama Jerry ng. Sebelumnya dia merupakan salah satu direktur dari Bank BTPN yang juga mengembankkan aplikasi jenius. Tapi kemudian akhirnya dia membeli saham dari bank Artos untuk kemudian dijadikan bank digital.

Dalam suatu kesempatan, Jerry NG mengatakan bahwa "Lebih gampang bankun rumah baru daripada renovasi". Ungkapan tersebut mensyaratkan Alasannya kenapa memilih untuk membeli dan membankun bank artos menjadi bank digital.

Dalam proses pengembankan aplikasi jago sendiri, memang ditemukan kemiripan dengan apa yang ada di aplikasi jenius. Hal itu mungkin saja salah satu diantaranya disebabkan karena orang yang membankun adalah ah orang yang sama dibelakang aplikasi jenius sebelumnya.

Review Bank Jago vs Jenius

Kali ini kita akan membahas seputar review mengenai Bank Jago vs Jenius. Disini saya akan coba membandingkan dan kemudian melihat dari sisi persamaan dan perbedaan dari kedua aplikasi tersebut.

Perbandingan sendiri berdasarkan penilaian atas pengalaman sudah di rasakan Sendiri. Saya sudah install aplikasi dan gunakan aplikasi jenius sejak tahun 2017 lalu. Sementara untuk aplikasi jago, di tahun 2020.

Dalam kesempatan ini akan coba dijelaskan dari segi persamaan dan juga perbedaan. Ada beberapa hal yang kemudian bisa coba dilihat dari kedua aplikasi tersebut yakni diantaranya sebagai berikut:

Persamaan Bank Jago vs Jenius

1. Self & fleksibel Financial Management

Pertama salah satu hal yang kemudian bisa dilihat dari pengalaman yang didapatkan, adalah dari segi fasilitas kemudahan atur keuangan. Para pengguna kedua aplikasi tersebut yakni bank jago ataupun jenius bisa mengatur keuangan sesuai dengan keinginan. Keduanya memiliki persamaan yang hampir mirip, hanya yang membedakan beberapa istilah dan penamaan saja.

Adapun beberapa contoh persamaan dari kemudahan Mengatur keuangan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Atur dashboard; pada bagian shortcut depan atau dashboard, di kedua aplikasi tersebut kita bisa atur sesuai dengan keinginan. Kita bisa tambahkan atau hapus beberapa menu yang tersedia. Bang jago = atur shortcut, jenius: atur widget
  • Atur saving /kantong; selanjutnya para pengguna bisa mendapatkan kebebasan untuk mengatur dan membuat beragam jenis tabungan (saving) di aplikasi jenius atau kantong di aplikasi jago.
  • Atur limit - kemudahan lainnya adalah dari segi pengaturan limit. Para pengguna bisa mengatur limit transaksi sesuai dengan keinginan.

2. Fitur dan fasilitas

Kemudian persamaan selanjutnya ada pada fitur dan juga fasilitas. Kita bisa menemukan beberapa persamaan pilihan fitur serta fasilitas yang disediakan oleh kedua aplikasi tersebut.

Beberapa pilihan fitur dan fasilitas yang disajikan itu juga terkadang memiliki fungsi yang sama. Beberapa diantara yang memiliki persamaan y saya sebagai berikut:

  • Fitur transfer dan kirim dana; kita bisa melakukan transfer ke sesama aplikasi tersebut, ke rekening bank lain ataupun juga ke e-walet seperti go-pay, dana, ovo adapun shopeepay.
  • Fitur bayar dan tagihan; media fitur sama yang disajikan adalah pembayaran ataupun tagihan. Anda bisa menggunakan kedua aplikasi tersebut untuk melakukan pembelian pulsa kuota dan data, pemilihan listrik, pembayaran kartu kredit, TV kabel, multifinance dan lainnya.

3. Kartu debit

Persamaan selanjutnya ada pada kartu debit. Kedua aplikasi tersebut memungkinkan para penggunanya untuk bisa mendapatkan dua jenis kartu. Pertama pengguna bisa membuat kartu debit fisik dan juga digital. Keuntungan lainnya juga adalah bahwa pengguna bisa membuat lebih dari satu kartu debit tersebut khususnya untuk jenis kartu debit fisik.

  • Bank jago; kartu debit digital dan fisik
  • Jenius; debit card dan E-card

4. Kuota transaksi gratis

Persamaan selanjutnya juga bisa dilihat dari kuota transaksi gratis. Konsepnya memang hampir mirip dengan jenius untuk bank jago ini. Anda akan bisa menemukan beberapa informasi seputar kuota promo perbulannya.

5. Melakukan penagihan

Persamaan selanjutnya ada pada fasilitas penagihan. Kedua aplikasi tersebut memiliki fitur yang disajikan untuk memudahkan mereka menagih uang. Hanya saja memang penamaannya saja yang berbeda:

  • Bank jago; tagih uang
  • Jenius; PayMe

Meski demikian memang sama saja sebetulnya cara penggunaannya namun yang membedakan hanya sekedar nama saja.

6. Promo dan Reward

Setiap bulan akan ada update seputar promo tersebut yang diperbaharui. Ada beragam syarat ketentuan juga yang mempengaruhi Berapa banyak kuota gratis yang bisa anda dapatkan. Adapun kuota gratisnya biasanya untuk beberapa hal seperti:

  • Transfer antar bank atau top up e-wallet
  • Tarik tunai di ATM bank lain

Jadi setidaknya itulah yang bisa saya Jelaskan mengenai beberapa persamaan antara yang dimiliki oleh aplikasi jago dan juga jenius. Selebihnya mungkin masih ada banyak lagi beberapa persamaan lainnya yang tersedia.

Perbedaan Jenius vs Bank Jago

Jika di atas kita bahas tentang persamaan, selanjutnya kita akan bahas tentang perbedaan jenius vs jago. Meskipun memiliki beberapa persamaan sebagaimana disebutkan dan dijelaskan di atas, tapi juga sebetulnya masih ada banyak kekurangan juga atau perbedaan yang tersedia.

Berdasarkan pengalaman yang saya buktikan sendiri dan rasakan, setidaknya ada beberapa hal yang menjadi perbedaan mencolok dan menonjol. Adapun beberapa perbedaan itu diantaranya:

1. Nomor rekening

Pertama perbedaannya ada pada nomor rekening. Jika aplikasi Bank jagoan hanya memiliki satu nomor, jenis memungkinkan anda bisa memiliki dua nomor rekening sekaligus. Dalam satu aplikasi akan ada dua pengaturan dengan nomor rekening yang berbeda. Dalam aplikasi jenius Anda bisa menggunakan rekening pribadi perorangan dan berkening bisnis.

2. Tabungan

Dalam bank jago istilah yang digunakan adalah kantong. Kita memang bisa membuat beberapa kantong sekaligus. Tapi tentunya berbeda dengan jenius yang sudah menentukan tiga jenis tabungan yang bisa dipilih yakni flexi saver, dream saver dan Maxi Saver. Beragam jenis tabungan yang disajikan jenius lebih jelas dan terarah juga memiliki beragam perbedaan.

3. Mata uang

Perbedaan lainnya adalah dari segi mata uang. Bank jago hanya memungkinkan para pengguna menggunakan satu jenis mata uang saja. Berbeda dengan jenius yang memungkinkan anda untuk bisa membeli mata uang lain seperti dolar, poundsterling, yen atau lainnya. Pada saat Anda pergi ke luar negeri, anda juga bisa menarik mata uang tersebut melalui kartu ATM yang anda miliki.

4. Pinjaman

Bank jago belum memiliki fitur pinjaman di dalam aplikasinya. Beda dengan jenius yang memberikan pinjaman dalam bentuk Flexi cash yang bisa dicairkan kapan saja. Dana tersebut bisa anda gunakan dan cairkan dengan besaran sampai 50 juta.

5. Statistik keuangan

Dalam aplikasi Bank jago belum disediakan fitur statistik keuangan. Sementara di dalam aplikasi jenius sudah tersedia yang diberi nama moneytory. Pada aplikasi fitur tersebut anda akan bisa mengetahui berapa pemasukan per bulan dan berapa pengeluarannya.

Jadi sekian penjelasan saya tentang perbedaan dan persamaan Bank Jago vs Jenius. Terima kasih sudah setia membaca dan semoga artikelnya bermanfaat. Mohon bagikan jika dirasa bermanfaat.

Share

Belum ada Komentar untuk "Bank Jago vs Jenius: Persamaan dan Perbedaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel