Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Sudah Lama

Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Sudah Lama

 

Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Sudah Lama

Terlilit hutang kartu kredit? Ya ini memang bisa jadi salah satu masalah besar dalam hidup. Pasalnya jika kemudian kita sampai tidak bayar kartu kredit, maka kita akan memiliki catatan 'bad credit'. Jangan Anggap enteng, ini akan jadi masalah serius karena anda tidak akan lolos untuk mengajukan kredit apapun. Ya karena pada saat pengecekan BI checking, anda akan tersangkut akan hal tersebut. Oleh karenanya penting untuk anda pelajari cara melunasi hutang kartu kredit yang sudah lama agar terhindar dari BI checking.

Terkadang memang ada banyak diantaranya yang terlambat bayar kartu kredit sampai belasan tahun. Tentunya ketika kita terus tidak membayarnya, banyak Resiko yang kemudian bisa didapatkan. Selain BI checking, juga yang tak kalah penting kan punya hutang dendanya akan terus berbunga dan terus bertambah. Artinya nilai utang anda akan terus bertambah banyak jika anda tidak melunasinya.

Lalu, Gimana Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Sudah Lama?

Kalaupun misalnya Anda mau memutihkan nama Anda dari blacklist Bank Indonesia agar bisa lagi mengajukan kredit, tentu anda harus melunasinya. Namun demikian tentu harus mengetahui bagaimana cara melunasi hutang kartu kredit yang sudah lama. Cara melunasi yang biasa, tentu anda tinggal datang langsung saja ke pihak bank di mana anda mengajukan kartu tersebut.

Tapi sebaiknya memang ada juga perhatikan bahwa ada acara bijak untuk Anda mendapatkan keringanan. Setidaknya Anda kemudian Anda tidak harus membayar bunga lebih besar dari cicilan kartu kredit yang harusnya anda baik. Nah Oleh karena itu ada beberapa cara mudah yang kemudian bisa anda lakukan untuk memastikan agar supaya Anda bisa dapat keringanan pembayaran cicilan kartu kredit yang menunggak lama.

1. Datang langsung ke bank di mana anda ajukan kartu kredit

Pertama pastinya Anda harus datang langsung ke kantor Bank dimana anda mengajukan kartu kredit tersebut. Hal ini penting agar supaya kemudian disana anda bisa mengutarakan dan juga berkomunikasi pakan menanyakan informasi cicilan tunggakan. Anda juga akan bisa mendapatkan informasi detail mengenai tagihan kartu kredit yang belum Anda bayar tersebut dari mulai pokok sampai bunga.

2. Melakukan negosiasi dengan pihak bank

Negosiasi adalah salah satu bagian penting yang kemudian harus anda lakukan. Dengan negosiasi, diharapkan tentu akan ada solusi yang tepat termasuk juga solusi untuk memotong biaya bunga yang harus anda bayarkan. Negosiasi ini Misalnya Anda bisa menginformasikan seputar kebijakan pemerintah yang memangkas bunga kartu kredit tunggakan dari 2 sampai 1%.

3. Meminta dan memohon keringanan

Dalam hal ini pastinya anda dalam negosiasi meminta serta menginginkan untuk mohon keringanan. Anda tentu bisa berkonsekuensi untuk membayar tagihan kartu kredit tersebut dengan syarat meminta keringanan. Biasanya memang pihak bank juga akan memberikan keringanan tersebut termasuk juga misalnya menghapus denda atas biaya keterlambatan.

4. Rekondisi atau restrukturisasi

Pihak bank juga biasanya memiliki beberapa pilihan program salah satu diantaranya program restrukturisasi. Hal ini biasanya diberikan untuk pembiayaan cicilan KPR. Tapi juga ada yang kemudian menawarkan untuk produk pembiayaan kartu kredit.

Biasanya memang ini menjadi salah satu kebijakan dari pemerintah yang kemudian diikuti oleh perbankan melihat kondisi ekonomi masyarakat. Dampak pandemi covid juga seringkali jadi salah satu yang melatarbelakangi.

Nah itulah sebetulnya beberapa hal penting yang bisa sangat mungkin anda lakukan untuk cara melunasi hutang kartu kredit yang sudah lama. Anda bisa dapat keringanan dari proses ini dan nama Anda juga kembali bersih.

Share

Belum ada Komentar untuk "Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Sudah Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel