Kenapa Harga Minyak Goreng Turun Lagi?

Kenapa Harga Minyak Goreng Turun Lagi?

Banyak yang mungkin saat ini bertanya kenapa harga minyak goreng turun. Ya perlu diketahui bahwa mulai saat ini harga minyak goreng yang ditetapkan oleh pemerintah lebih murah dari apa yang Memang sebelumnya sempat naik dengan harga yang nggak kira-kira.

Beberapa minggu yang lalu, para ibu rumah tangga protes dan juga komplain ke pemerintah karena harga minyak goreng yang naik terus. Harga 2 kg minyak goreng bisa mencapai rp38.000. Bahkan ke pelosok, itu mencapai 40.000 rupiah.

Kenapa Harga Minyak Goreng Turun?

Semenjak harga itu mahal, akhirnya kemudian Presiden Jokowi turun tangan. Dia meminta dan memerintahkan agar Kementerian Perdagangan mengembalikan harga minyak goreng ke semula. Akhirnya, kemendagri pun mengambil langkah.

Kebijakan Kemendag Perihal 1 Harga Untuk Minyak Goreng

Pihak Kementerian perdagangan kemudian membuat kebijakan atau aturan dengan cara menetapkan harga minyak goreng 1 harga. Artinya, masyarakat yang mau membeli minyak goreng tersebut di manapun baik itu di pasar, Indomaret, Alfamart dan toko-toko lainnya harus menggunakan harga yang sama.

Adapun patokan harga yang dibuat oleh pemerintah melalui Kemendagri itu sendiri adalah dengan nilai jual sebesar Rp14.000. Warga bisa membeli di mana saja mulai dari pasar tradisional, warung sekitar atau lain sebagainya dengan harga yang sama.

Pemerintah Siapkan Dana Untuk Penuhi Suplai Minyak Goreng

Perlu diketahui juga berdasarkan data bahwa pemerintah Tengah mempersiapkan dana sebesar 7,6 triliun untuk membiayai persediaan minyak goreng bagi masyarakat Indonesia. Adapun kebutuhan minyak goreng untuk masyarakat Indonesia itu adalah sebesar 250 juta setiap bulannya.

Selain itu juga bahkan pemerintah memberikan atau membuat aturan khusus untuk para pelaku usaha yang mau melakukan ekspor. Kebijakan tersebut intinya mengharuskan pencatatan dan menekan agar para pengusaha lebih mengutamakan kebutuhan dalam negeri terlebih dahulu dibanding luar negeri.

Meski Sudah Murah, Warga Diimbau Untuk tidak 'Panic Buying'

Menteri perdagangan mengatakan bahwa meskipun harga sudah diturunkan, tapi kemudian menghimbau juga agar masyarakat tidak berlebihan untuk membeli sehingga kemudian menghabiskan stok untuk keperluan masyarakat lainnya.

Jadi dari penjelasan informasi berita di atas bisa diketahui bahwa faktor penyebab harga minyak goreng turun adalah karena kebijakan dari pemerintah. Hal itu sebagai upaya untuk Pemerintah memenuhi kebutuhan rumah tangga dan mikro usaha kecil menengah di Indonesia.

Share

Belum ada Komentar untuk "Kenapa Harga Minyak Goreng Turun Lagi?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel