Darimana Saja Sumber Keuntungan Perbankan Syariah?

Darimana Saja Sumber Keuntungan Perbankan Syariah?

 

Sumber Keuntungan Perbankan Syariah

Sumber keuntungan dari operasional perbankan syariah berasal dari mana sih? Ini adalah salah satu pertanyaan yang seringkali diajukan terutama oleh orang-orang yang masih awam dengan perbankan syariah.

Sebagaimana diketahui bahwa memang perbankan syariah merupakan salah satu perbankan yang menggunakan sistem Syariah. Salah satu sistem syariah yang digunakan adalah bebas dari riba. Riba sangat erat hubungannya dengan bunga.

Kalau memang bank syariah ini bebas dari riba, lalu yang menjadi pertanyaan adalah dari mana bank syariah ini dapat keuntungan? Keuntungan dalam sebuah bisnis perbankan pasti diperlukan.

Hal ini mencakup kebutuhan untuk operasional misalnya. Operasional pihak perbankan tentu harus tetap tetap jalan mulai dari bayar pegawai, sewa gedung, dan biaya operasional lainnya.

Maka dari itu, pihak perbankan tentu harus bisa mendapatkan Sumber penghasilan. Nah yang jadi pertanyaan dari mana sebenarnya Sumber penghasilan atau keuntungan yang dimiliki oleh perbankan itu.

Sumber Keuntungan dari Operasional Perbankan Syariah

Perbankan syariah itu memiliki beragam sumber keuntungan yang akan membiayai operasional perbankan. Sebetulnya memang ada beberapa pilihan sumber keuntungan ataupun penghasilan yang didapat oleh bank syariah diantaranya:

1. Margin dari murabahah

Pertama salah satu sumber penghasilannya berasal dari Margin yang dapat dari produk murabahah. Ini adalah salah satu produk yang ditawarkan oleh bank syariah adalah. Ini merupakan salah satu produk jual beli.

Dalam hal ini perbankan syariah tidak menekankan sistem bunga melainkan menerapkan sistem margin harga beli dan jual. Pihak bank akan memberikan informasi harga beli dan kemudian harga jual.

Jadi dari sana sudah bisa di ketahui tentang nilai margin yang sudah ditentukan dan disepakati oleh pihak pembeli untuk produk tersebut baik dengan pembiayaan kredit syariah ataupun cash. Dalam hal ini juga pastinya akan ada akad yang diterapkan dan disepakati oleh kedua pihak.

2. Bagi hasil dari mudharabah

Kemudian nah Sumber penghasilan lain yang juga didapatkan oleh pihak perbankan adalah dari bagi hasil. Bagi hasil ini didapatkan melalui produk mudharabah yang dimiliki oleh pihak perbankan.

Mudhorobah itu sendiri adalah salah satu produk perbankan syariah yang dalam hal ini pihak bank syariah berlaku sebagai perantara antara pemilik dana dengan mudharib yang mengelola usaha.

Kemudian nanti akan ada sistem bagi hasil dari pemilik usaha berdasarkan untung rugi yang didapatkannya. Hal itulah yang kemudian menjadi Sumber penghasilan yang di dapatkan oleh pihak perbankan syariah tersebut.

3. Fee dan biaya administrasi

Pihak perbankan juga mengambil biaya administrasi bulanan. Biaya tersebut untuk pemeliharaan sistem baik itu untuk pergantian kartu ataupun juga mungkin ATM. Jadi sebetulnya itu juga bisa merupakan salah satu sumber biaya operasional yang didapatkan oleh bank syariah.

4. Biaya sewa untuk akad Ijarah

Pihak perbankan syariah juga memiliki akad Ijarah. Salah satu diantaranya ini untuk beberapa pilihan produk seperti emas ataupun juga gadai. Biasanya memang pihak yang menggadaikan akan menyewa sebuah tempat kotak emas yang nanti akan diminta biaya sewanya.

Jadi setidaknya itulah jawaban atas pertanyaan tentang sumber keuntungan dari operasional perbankan syariah berasal dari mana saja.

Share

Belum ada Komentar untuk "Darimana Saja Sumber Keuntungan Perbankan Syariah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel