Status DTKS KIP: Pengertian, Cara Cek dan Pengajuan

Status DTKS KIP: Pengertian, Cara Cek dan Pengajuan

 

Status DTKS KIP

Bagi para peserta yang mencoba untuk mendaftar program kip kuliah, ada beberapa keterangan yang mungkin belum diketahui. Salah satu diantaranya muncul data dtks. Lalu yang jadi pertanyaan adalah tentang apa apa yang dimaksud status dtks kip kuliah tersebut?

Ada Beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar untuk bisa mendaftar Kip kuliah. Salah satu di antaranya misalnya harus memiliki Kartu Indonesia Pintar. Tapi jika tidak memiliki, ada syarat lain yang harus dipenuhi yakni terdaftar di dtks.

Apa Itu DTKS?

dtks sendiri merupakan kepanjangan dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Ini sebetulnya merupakan salah satu data acuan yang dibuat oleh Kementerian Sosial khusus untuk pemberian Bansos yang bersumber baik dari APBD atau pun juga APBN. Contohnya ada dtks jakarta dan lainnya.

Apa Itu Status DTKS Kip?

status dtks kip adalah sinkronisasi data antara kip kuliah dengan DTKS. Apabila calon pendaftar sudah terdaftar di DTKS maka kemudian akan langsung sinkron di KIP Kuliah. Hal itu kemudian bisa menjadi salah satu syarat untuk mendaftar program kip kuliah tersebut.

Akan tetapi jika memang belum terdaftar di dtks, mungkin saja siswa atau pendaftar masuk dalam kategori mampu atau belum terdaftar.

Cara Melihat Status DTKS untuk KIP kuliah

Selanjutnya para siswa juga disarankan untuk mengetahui bagaimana cara melihat status DTKS untuk KIP kuliah tersebut. Hal ini tentu harus dilakukan dengan cara mengecek melalui portal halaman khusus.

Adapun tutorial dan panduan cara mengeceknya, silakan simak sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs https://cekbansos.kemensos.go.id/
  2. Klik kolom cek penerima bansos
  3. Masukkan data yang diminta
  4. Isi semua form
  5. Masukkan juga kode captcha
  6. Klik Mencari data

Apa itu nanti kemudian akan muncul informasinya Apakah memang nama anda sudah terdaftar atau tidak. Nama tersebut biasanya terdaftar berdasarkan nomor induk kependudukan atau Nik.

Cara Mengajukan Agar Terdaftar Data BDT/DTKS untuk KIP Kuliah

Agar supaya kemudian anda terdaftar di data BDT/DTKS untuk KIP Kuliah, maka sebaiknya memang harus diketahui beberapa hal yang perlu dilakukan. Proses pengajuan adalah salah satu hal penting yang harus diketahui.

Proses pengajuannya sendiri bisa dilakukan dengan mudah yakni sebagai berikut:

  • Fotokopi KTP dan KK
  • Fotokopi rekening listrik
  • Foto rumah
  • Surat pengantar dari RT RW
  • Sktm dari Kecamatan
  • Bukti pajak PBB orang tua
  • Kartu KIS/KIP PELAJAR/KJS/KPS jika ada
  • Sebaiknya datang bersama orang tua untuk mengurus tersebut.

Jadi begitu beberapa penjelasan mengenai status status dtks kip kuliah yang mungkin belum banyak diketahui oleh para pelamar atau pendaftar.

Share

Belum ada Komentar untuk "Status DTKS KIP: Pengertian, Cara Cek dan Pengajuan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel