Cara Transfer Uang Pendaftaran SBMPTN Serta Besarannya

Cara Transfer Uang Pendaftaran SBMPTN Serta Besarannya

 

Cara Transfer Uang Pendaftaran SBMPTN

Seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri kini sudah dibuka pendaftarannya. Tapi perlu diketahui bahwa buat kalian yang mau daftar harus menyiapkan dana terlebih dahulu. Pasalnya memang pendaftaran tidak gratis khususnya untuk ujian berbasis komputer atau utbk. Nah yang jadi pertanyaan bagaimana cara transfer uang pendaftaran sbmptn tersebut bisa dilakukan?

Diketahui bahwa pendaftarannya memang gratis. Akan tetapi untuk mengikuti ujian tentu harus berbayar. Nah di sini ujian ini menjadi salah satu bagian penting dari proses pendaftaran SBMPTN. Buat apa kalian daftar SBMPTN jika tidak mengikuti ujian. Kan percuma?

Berapa Biaya Pendaftaran SBMPTN?

Biaya pendaftaran SBMPTN itu ternyata memang tidak gratis alias berbayar. Namun juga kalian harus bisa mengetahui terlebih dahulu Berapa biaya yang harus dibayarkan untuk bisa mengikuti ujian tersebut.

Berdasarkan informasi yang didapatkan, ada dua pilihan kategori pendaftaran berdasarkan jenjang yang dipilih. Tentunya hal ini juga membedakan soal biaya pendaftaran yang harus dibayarkan yakni sebagai berikut:

  • Kategori ujian saintek dan soshum sebesar Rp200.000
  • Kategori Ujian Jenjang Campuran Rp300.000

Jadi biayanya tentu lebih mahal untuk jenjang ujian utbk campuran yakni selisih Rp100.000. Kalian harus siapkan dana segitu untuk bisa mengikuti ujian yang dimaksud masuk ke SBMPTN tersebut.

Tutorial Cara Transfer Uang Pendaftaran SBMPTN

Nah selanjutnya yang perlu jadi pembahasan adalah tentang tutorial cara transfer uang pendaftaran sbmptn. Ada beberapa tutorial panduan tentunya yang harus diikuti. Namun tentunya harus bisa diketahui bahwa ada banyak pilihan metode yang tersedia.

Kalian bisa melakukan pembayaran melalui beberapa pilihan bank partner yang bekerjasama dengan SBMPTN diantaranya ada bank BRI, BNI, BTN dan mandiri. Sementara prosesnya nanti bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa pilihan mulai dari teller, ATM internet Banking, mobile banking dan lainnya.

Sementara itu prosedur dan Cara pembayarannya adalah sebagaimana disebutkan berikut:

  1. Registrasi akun terlebih dahulu di situs LTMPT
  2. Mendapatkan resi pembayaran
  3. Pilih metode pembayaran melalui beberapa pilihan bank BRI, BNI, BTN dan mandiri
  4. Lakukan proses pembayaran baik via teller, ATM, internet banking atau Mobile Banking
  5. Cetak bukti pembayaran

Nah setelah kalian melakukan proses pembayaran, maka secara otomatis statusnya akan berubah. Setelah itu kalian sudah tinggal mencetak jadwal ujian yang sudah ditentukan oleh pihak panitia SBMPTN.

Catatan: Proses cara transfer uang pendaftaran sbmptn hanya bisa dilakukan melalui beberapa pilihan metode di atas 2 x 24 jam. Jika sampai tidak bayar dalam waktu itu, simak penjelasannya dalam artikel bagaimana jika pembayaran UTBK telat? Di sana dijelaskan detail tentang konsekuensi dan solusinya.

Share

Belum ada Komentar untuk "Cara Transfer Uang Pendaftaran SBMPTN Serta Besarannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel