Bank Jago vs Line Bank: Review dan Komparasi

Bank Jago vs Line Bank: Review dan Komparasi

 

bank jago vs line bank

Bank digital sepertinya jadi salah satu yang memiliki potensi market cukup besar saat ini. Soalnya berdasarkan banyak riset ditemukan bahwa sebagian besar masyarakat sudah enggan untuk menggunakan produk keuangan konvensional. Terutama yang mengharuskan mereka datang ke kantor cabank untuk pembukaan rekening atau beragam hal keuangan lain. Sebagian besar Kini lebih tertarik menggunakan dan memilih aplikasi keuangan digital. Aplikasi digital banking pun kini makin banyak tersedia, dan salah satu yang akan kita review adalah bank jago vs line bank.

Keduanya tersebut merupakan produk bank digital atau digital banking yang belum lama ini rilis. Bank jago lebih dulu rilis dibandingkan dengan lain bank. Kemudian di dalam fitur dan fasilitasnya memiliki beberapa kemiripan dan kesamaan. Karenanya penting juga untuk coba kita review line bank dan jago kedua aplikasi banking tersebut bukan perbedaan dan persamaan serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Setidaknya bagi yang belum mencoba untuk buka rekening bank digital keduanya, anda bisa dapat pencerahan. Mungkin saja nanti bisa memutuskan manakah pilihan aplikasi yang akan dipilih. Kalaupun misalnya memilih untuk menginstal keduanya, itu tidak masalah. Bahkan sangat bagus untuk kemudian Anda coba bisa membandingkan dan merasakan dan menikmati perbedaan layanan antara keduanya.

Sekilas Tentang Bank Jago dan Line Bank

Sebelum membahas review dan komparasi keduanya, baik memang kita kenalan dulu dengan ke dua pilihan bank tersebut. Awalnya tentu memiliki latar belakang dan bahkan pemilik yang berbeda.

Bank jago

Bank jago merupakan salah satu bank lama yang kemudian di akuisisi serta dirubah menjadi Bank baru dengan konsep digital. Nama bank tersebut sebelumnya adalah PT Bank Artos Indonesia Tbk (Bank Artos) yang didirikan di Bandung mulai dari tahun 90-an. Tapi Kemudian pada tahun 2019 para pemegang saham baru memutuskan untuk melakukan inovasi. Munculah apa yang disebut dengan aplikasi jago sebagai salah satu digital banking menyayangi beberapa bank yang sudah ada sebelumnya seperti jenius BTPN.

Line Bank

Selain bank adalah salah satu aplikasi Bank digital baru di Asia termasuk juga di Indonesia. Bank satu ini merupakan hasil kerja kerjasama antara PT Bank KEB Hana Indonesia dan juga Line corp melalui anak usahanya line financial. Aplikasi Bank online satu ini menawarkan beragam fitur perbankan mulai dari deposito, tabungan, digital payment dan juga transaksi lainnya.

Review dan Komparasi Bank Jago vs Line Bank

Selanjutnya kita akan masuk ke pembahasan tentang review  line bank vs bank jago. Sebagai seorang yang memang konsen dalam dunia bidang digital banking, saya mencoba untuk melakukan registrasi pembukaan rekening di kedua pilihan aplikasi tersebut. Hal itu untuk kemudian saya bisa dapatkan informasi sekaligus juga menikmati layanan dari kedua pilihan itu.

Lalu kemudian setelah itu saya mendapatkan beragam pencerahan dan juga informasi yang akan dibagikan informasinya di sini. Ini adalah murni hasil komparasi yang saya lakukan sendiri diantara kedua pilihan bank tersebut. Simak diantara pembahasan review dan komparasi keduanya berikut ini:

1. Wilayah operasional

Pertama adalah soal wilayah operasional. Jika Bank jago hanya terbatas untuk para pengguna di Indonesia saja, ternyata untuk produk bank digital lain bank ini berlaku di wilayah Asia. Bahkan produk aplikasi keuangan digital itu juga sudah beroperasi di beberapa wilayah Asia seperti Thailand dan juga lainnya. Namun tak mungkin memiliki versi aplikasi yang berbeda berdasarkan negaranya.

3. Kompatibilitas perangkat

Kedua bank tersebut antara lain bank dan bank jago memang bisa digunakan dengan menggunakan perangkat smartphone mobile. Ada 2 jenis smartphone yang kemudian bisa digunakan yakni smartphone berbasis Android ataupun iOS. Para pengguna Android dan iPhone bisa mendownload serta instal dan daftar harga Ning di kedua pilihan Bank itu.

4. Proses dan prosedur buka rekening

Pendaftaran akun atau buka rekening dari kedua bank tersebut memang keduanya bisa dikatakan cukup mudah dan cepat. Keduanya menggunakan prosedur pendaftaran rekening secara online. Syarat yang harus disiapkan juga keduanya sama yakni hanya e-ktp saja. Anda akan diminta untuk mengisi formulir Melalui aplikasi tersebut. Lalu setelah itu akan dilakukan video call untuk melakukan verifikasi dan aktivasi.

Anda akan diminta untuk memegang e-ktp pada saat video call tersebut kalau ditanya nama ibu kandung. Akan tetapi yang berbeda; ada di Line bank anda diharuskan untuk membuat tanda tangan digital, sementara bank jago tidak mengharuskan itu. Kemudian proses aktivasi di Line bank langsung dilakukan pada saat video call masih berlangsung, sementara Bank jago biasanya harus menunggu beberapa saat setelah video call selesai.

5. Fitur tabungan/saving

Keduanya menawarkan fitur tabungan. Akan tetapi tentunya memiliki beberapa perbedaan. Kedua bank tersebut memungkinkan para pengguna membuat beberapa pilihan tabungan sekaligus. Line Bank memberikan kemudahan penggunaannya untuk membuat tabungan dengan beragam pilihan warna background. Sementara di bank jago, memudahkan para pengguna untuk membuat banyak pilihan kantong sesuai dengan kebutuhan.

6. Fitur transaksi

Kemudian berbicara mengenai transaksi, keduanya memiliki persamaan di mana bisa digunakan untuk 3 kebutuhan yakni transaksi sesama aplikasi, transaksi ke rekening bank, dan juga transaksi digital payment atau bayar atau beli. Hanya saja yang membedakan adalah bahwa wa Line Bank belum memiliki fitur transaksi untuk top up e-money atau Wallet dompet digital seperti ke go-pay, dana, Ovo dan lainnya. Sementara Bank jago sudah memiliki itu.

7. Automatic payment / pembayaran otomatis

Salah satu kesamaan yang dimiliki oleh kedua Bank ini adalah adanya fitur pembayaran otomatis. Baik bank jago ataupun juga Line Bank memiliki pilihan fitur tersebut sehingga bisa digunakan untuk pembayaran secara berkala. Hal ini tersedia di fitur lain bank dengan nama transfer terjadwal. Demikian juga di bank jago tersedia fitur tersebut untuk memudahkan kita menghindari lupa transfer padahal sudah waktunya.

8. Kartu debit / debit card

Kemudian kedua bank tersebut juga masih menggunakan kartu untuk kebutuhan transaksi para penggunanya. Hanya saja memang yang membedakan bahwa di bank jago itu ada dua kategori jenis kartu yakni kartu digital dan juga fisik. Sementara di main bank itu masih terbatas untuk kartu namun bisa membuat beberapa pilihan sekaligus. Anda beberapa pilihan kartu yang bisa dibuat berdasarkan peruntukannya yakni kartu GPN Brown untuk transaksi domestik, kartu Visa Sally untuk domestik dan luar negeri, kartu Visa Koni untuk domestik dan luar negeri juga serta kartu Visa Brown. Anda juga bisa membuat kartu sendiri Melalui aplikasi mobile keduanya.

9. Reward, Bonus dan promosi

Lalu kemudian selanjutnya ada pada bahasan seputar bonus dan promosi atau reward. Di Line bank Anda bisa mendapatkan bonus reward sebesar Rp150.000 untuk nasabah baru. Namun tentu ada syarat dimana harus memiliki saldo minimum harian 500.000 dan melakukan transaksi digital payment. Sementara di bank jago diberikan untuk para pengguna dalam bentuk gratis tarik tunai dan juga biaya administrasi transfer.

10. Tarik tunai

Line bank meskipun memiliki kartu ATM yang bisa digunakan tapi ada fitur tarik tunai tanpa kartu. Adapun prosesnya lebih mudah yakni ada yang menarik dari banyak ATM Hana Bank yang tersedia. Lalu yang harus anda lakukan adalah melakukan scan QR pada layar ATM, setelah itu Anda masukan kode PIN transaksi anda. Sementara itu proses tarik tunai untuk bank jago sendiri hanya melakukan ATM kartu.

Jadi itu berapa Informasi mengenai bank jago vs line bank yang bisa saya sampaikan. Silakan simak beragam penjelasan lainnya pada beberapa artikel lain yang sudah saya sajikan.

Share

Belum ada Komentar untuk "Bank Jago vs Line Bank: Review dan Komparasi "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel