Cara Dapat Bantuan UMKM Beserta Syaratnya

Cara Dapat Bantuan UMKM Beserta Syaratnya

 

Cara Dapat Bantuan UMKM

Pemerintah menggelontorkan banyak sekali bantuan sosial untuk masyarakat di Indonesia. Ada banyak sekali jenis bantuan yang diberikan salah satu diantaranya adalah bantuan yang diberikan untuk para pelaku usaha kecil dan menengah atau UMKM. Jika anda merupakan salah satu bagian dari UMKM dan belum mendapatkan bantuan, anda bisa pelajari cara dapat bantuan orang UMKM beserta syaratnya yang akan dijelaskan disini.

Banyak Jenis Bantuan yang Diberikan

Bantuan yang diberikan oleh pemerintah untuk para pelaku UMKM itu sebetulnya sangat banyak sekali. Akan tetapi secara umum memang ada dua pilihan dan jenis bantuan yang diberikan. Adapun Kedua jenis tersebut yakni:

1. Bantuan modal pinjaman

Bantuan pertama dalam bentuk dan jenis pinjaman. Ada beragam produk pinjaman yang diberikan salah satu di antaranya adalah produk kredit usaha rakyat atau KUR. Pinjaman jenis ini biasanya disalurkan melalui bank BRI atau beberapa bank plat merah Lainnya milik BUMN.

Karena Ini jenisnya adalah modal bantuan, maka skemanya adalah pinjaman. Artinya anda tetap harus mengembalikan uang yang anda pinjam tersebut dari hasil usaha. Hanya saja yang menjadi keunggulan bantuan ini adalah bunga yang sangat kecil dan ringan.

2. Bantuan hibah

Jenis bantuan selanjutnya yang kemudian juga banyak ditawarkan oleh pemerintahan itu adalah jenis hibah. Bantuan jenis yang satu ini memang biasanya jadi salah satu bantuan yang diberikan tanpa harus dikembalikan.

Bantuan hibah adalah bantuan yang memang diberikan sebagai salah satu stimulus untuk membantu usaha yang terhambat. Salah satu diantaranya jenis bantuan ini diberikan bagi warga yang terdampak seperti di era covid 19.

Cara Mendapat Bantuan untuk UMKM

Ada beberapa panduan sekaligus juga cara yang harus diikuti untuk Anda bisa dapat bantuan UMKM tersebut. Para pelaku usaha kecil dan menengah memang harus memahami dan mengerti beberapa hal terlebih dahulu sebelum bisa mendapatkan bantuan tersebut.

Ada beberapa hal penting mengenai bantuan yang diberikan untuk para pelaku UMKM khususnya untuk jenis hibah. Adapun beberapa hal yang perlu dipahami dan diketahui serta dipenuhi diantaranya adalah sebagai berikut:

1) Syarat Mendapatkan Bantuan 

Pertama Anda harus ketahui terlebih dahulu tentang syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Ada Beberapa syarat yang harus dipenuhi agar supaya Anda berhak mendapatkan bantuan UMKM tersebut. Syarat penerima bantuan UMKM dan pengajuan bantuan tersebut haruslah dipenuhi sebelum anda berhak dapat melakukan pencairan dana bantuan tersebut.

Lalu apa saja syarat pencairan bantuan UMKM dari pemerintah itu? Simak beberapa di antaranya di bawah ini:

  • WNI atau warga negara Indonesia
  • Memiliki nomor induk kependudukan atau Nik
  • Memiliki usaha kecil dan menengah
  • Bukan pegawai PNS, BUMN /BUMD, maupun TNI/ Polri
  • Tidak sedang yang menerima bantuan kredit usaha rakyat (KUR)
  • Memiliki surat keterangan usaha

2) Syarat Dokumen untuk 

Selanjutnya penting juga untuk Anda menyiapkan syarat dokumen yang dibutuhkan. Ada beberapa dokumen yang harus disiapkan untuk kemudian Anda bisa mendapatkan bantuan UMKM. Dalam proses pengajuan nya nanti Dokumen itu memang sangat dibutuhkan untuk Anda melengkapi terlebih dahulu. Adapun beberapa dokumen yang harus disiapkan diantaranya:

  • Data NIK
  • Nama lengkap
  • Alamat lengkap
  • Bidang usaha
  • Nomor telepon
  • Surat keterangan usaha

3) Cara Daftar Keterangan Usaha Online

Bagi anda para pelaku UMKM diharuskan untuk memiliki surat keterangan usaha. Surat keterangan ini bisa anda buat dengan datang ke kelurahan atau pun juga bisa saat ini membuatnya secara online. Daftar bantuan UMKM online ini bisa dilakukan dengan sangat mudah membuat surat keterangannya untuk kemudian nanti dilampirkan. Adapun caranya adalah dengan mendaftar melalui https://app.oss.go.id/

4) Cara Mengajukan Bantuan Usaha Mikro

Lalu jika sudah semua syarat Anda penuhi, selanjutnya Anda kemudian perlu mengajukan. Bagaimana cara mengajukannya? Pengajuan bantuan UMKM secara online ini bisa dilakukan dengan mendatangi Kelurahan terdekat. Artinya Anda bisa mengunjungi kantor desa atau kelurahan untuk mengajukan bantuan tersebut dengan membawa beberapa berkas yang di syaratkan diatas.

Jangan khawatir jika alamat KTP anda berbeda dengan alamat usaha. Hal yang harus anda lakukan adalah meminta surat domisili dari RT RW untuk kemudian dilampirkan. Artinya pengajuan bisa dilakukan di tempat domisili di mana usaha anda dibuka.

3) Cara Cek Penerima Bantuan UKM

Lalu yang juga penting untuk diketahui adalah tentang bagaimana cara anda bisa mengecek penerima bantuan apa. Setelah anda melakukan pengajuan ke pihak kelurahan, maka selanjutnya Anda bisa cek apakah Anda masuk dalam penerima bantuan BLT UMKM sebesar 1,2 juta itu atau belum. Hal yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mengeceknya?

Proses cara cek bantuan UMKM BRI bisa dilakukan dengan mudah yakni dengan mengunjungi situs eform.bri.co.id/bpum. Kalau Anda diminta untuk memasukkan nomor KTP dan kode verifikasi lalu klik proses inkuiri. Selain itu cara cek bantuan UMKM BNI juga Anda bisa melakukan pengecekan melalui http://banpresbpum.id, masukkan nomor KTP dan klik cari.

Beberapa panduan dan cara mudah yang bisa dipahami dan dipelajari tentang cara dapat bantuan UMKM beserta syarat dan ketentuan. Semoga membantu..

Share

Belum ada Komentar untuk "Cara Dapat Bantuan UMKM Beserta Syaratnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel