13 Jenis Bantuan PPKM untuk Warga Terdampak

13 Jenis Bantuan PPKM untuk Warga Terdampak

jenis bantuan ppkm

Salah satu cara yang diambil pemerintah untuk menekan laju penyebaran virus covid 19 adalah dengan menerapkan program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Pembatasan ini Tentunya memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap kegiatan masyarakat. Banyak warga yang mengeluh karena kegiatan perekonomian mereka terhambat. Namun demikian pemerintah berupaya untuk memberikan yang terbaik termasuk juga memberikan bantuan sosial untuk warga yang terdampak program pembatasan kegiatan tersebut.

Ada beragam jenis bantuan sosial yang kemudian disiapkan pemerintah. Masyarakat bisa sangat mungkin memperoleh bantuan tersebut selama memang ada kebijakan dari pemerintah daerah dan pusat. Kemudian juga masyarakat haruslah bisa memenuhi syarat ketentuan sebagaimana yang memang sudah ditentukan sebagai calon penerima bantuan sosial tersebut.

Daftar Jenis Bantuan Sosial Selama PPKM

Ada banyak sebetulnya pintu bantuan sosial selama masa pembatasan sosial tersebut. Masyarakat bisa mendapatkan salah satu dari banyak pintu bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah. Masyarakat juga perlu mengetahui apa saja jenis bantuan sosial yang diberikan tersebut.

Selain itu juga penting untuk masyarakat mengetahui beberapa panduan dan cara yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan bantuan itu. Adapun beberapa pilihan bantuan sosial atau Bansos PPKM yang diberikan pemerintah diantaranya sebagai berikut:

  1. Program keluarga harapan (PKH)
  2. Program BNPT/Program Sembako Reguler
  3. Program Bantuan Sosial Tunai (BST)
  4. Bantuan Beras Cadangan Pemerintah
  5. Bantuan Beras untuk Pemkab/Pemkot
  6. Bantuan Beras dari Dana Non-APBN
  7. Bantuan beras dari bulog
  8. Bansos Pemkab dan Pemkot
  9. BLT Dana Desa
  10. Kartu Prakerja
  11. Bantuan Pelaku Usaha Mikro
  12. Bantuan Diskon Listrik
  13. Bantuan Subsidi Kuota Internet

Jadi itulah sebetulnya beberapa pilihan jenis bantuan yang disediakan oleh pemerintah untuk masyarakat Indonesia yang terdampak PPKM. Tampaknya memang sangat signifikan namun ini setidaknya menjadi salah satu bagian penting untuk memberikan keringanan bagi warga yang terdampak. Meskipun misalnya besaran bantuan yang diberikan tidak seberapa tapi setidaknya bisa sangat membantu.

Kegiatan masyarakat yang terbatas mempengaruhi penghasilan yang kemudian mereka biasa dapatkan. Oleh karenanya tentu dibutuhkan apa yang disebut dengan stimulus melalui bantuan sosial yang diberikan. Sebagian besar bantuan sosial itu tentu dibagikan melalui lembaga pemerintahan mulai dari desa sampai level Kementerian Sosial. Karenanya Anda harus bisa melakukan beberapa hal termasuk mengecek apakah anda terdaftar sebagai penerima bantuan atau tidak.

Proses pengecekan bisa dilakukan melalui situs resmi Kementerian Sosial. Adapun situs resmi yang bisa digunakan yakni https://cekbansos.kemensos.go.id. Anda bisa cek nama anda dan data lainnya di sana untuk bisa mengetahui apakah anda terdaftar sebagai penerima bantuan sosial atau tidak.

Jika kemudian ada harusnya terdaftar dalam tidak ada, ada mungkin ada masalah pada datanya. Ada juga bisa menghubungi pihak kelurahan untuk bisa mendapatkan update data tersebut. Jadi Silahkan manfaatkan beberapa program bantuan sosial PPKM dari pemerintah mulai pusat sampai daerah.


Share

Belum ada Komentar untuk "13 Jenis Bantuan PPKM untuk Warga Terdampak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel