Cara Menggunakan dan Setting e-Card Jenius BTPN

Cara Menggunakan dan Setting e-Card Jenius BTPN
Cara Menggunakan e-Card Jenius

Belanja online yang membutuhkan kartu kredit saat ini tidaklah sesulit beberapa waktu sebelumnya. Dulu kita harus memiliki kartu kredit untuk bisa belanja di beberapa situs atau merchant luar negeri. Sekarang tak perlu lagi butuh itu semua semua sudah ada produk e-card dari Jenius BTPN sebagai pengganti kartu kredit. Kali ini kita akan bahas tentang cara menggunakan jenius sebagai kartu kredit.

Jenius dalam fitur card center memiliki 3 jenis kartu sekaligus yang bisa dibuat. Ketiga jenis kartu tersebut yakni m-card, e-card dan e-card. Ketiga jenis tersebut memiliki fungsi dan kegunaan serta peruntukan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Bahasan lengkap mengenai 3 jenis kartu itu, kita akan bahas di lain waktu. Kali ini kita bahas dulu tentang virtual card atau kartu virtual e-card.

Apa itu e-card jenius?

e-card adalah fasilitas kartu virtual yang disajikan oleh aplikasi digital banking jenius BTPN. Dalam e-card, hal yang bisa didapatkan oleh para pengguna hanyalah ah informasi nomor kartu saja. Sementara kartu fisiknya, itu tidak akan didapatkan oleh para nasabah dan pengguna. Kartu fisik bisa didapatkan untuk hanya jenis m-card dan x-card saja.

Apa fungsi dan kegunaan e-card jenius?

e-card memiliki fungsi yang berbeda dengan jenis kartu lainnya. Jika kartu lain itu tersedia di dalam versi fisik yang bisa kita gunakan untuk menarik dana di ATM, sementara e-card hanya dalam bentuk virtual saja. Hal paling utama yang didapatkan adalah nomor kartu dan informasi kode cvv rahasia yang digunakan untuk otentikasi pembayaran atau belanja online.

Cara Menggunakan e-card untuk Belanja Online

Bagaimana fungsinya, e-card memang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan pembelian produk atau jasa secara online. Kartu m-card juga sebetulnya memang bisa digunakan untuk belajar namun hanya di EDC. Khusus untuk elektronik kartu ini hanya bisa digunakan untuk pembelajaran secara online dan yang membutuhkan untuk input detail kartu.

Lalu kemudian yang jadi pertanyaan adalah tentang bagaimana cara kita bisa menggunakan itu untuk kebutuhan belanja online. Banyak hal yang kemudian bisa dilakukan namun harus dipahami diantara penjelasannya sebagai berikut:

Cara melihat nomor kartu e-Card Jenius

Pertama perlu dibahas terlebih dahulu mengenai bagaimana cara melihat nomor kartu dari e-card jenius yang kita miliki. Cara untuk mengetahuinya sangatlah mudah di mana kita hanya perlu membuka melalui aplikasi jenius yang sudah kita download dan instal serta daftar akun di smartphone.

Adapun beberapa tahapan dan cara yang bisa dilakukan untuk bisa melihatnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi jenius
  2. Masukkan PIN
  3. Pilih menu garis tiga menu bagian kiri atas
  4. Pilih menu card center
  5. Pilih e-card (kartu virtual)
  6. Pilih lihat kode cvv
  7. Masukkan password jenius

Silakan anda catat  informasi nomor kartu, tanggal dan bulan expire serta kode cvv.

Cara top up e-card jenius

Pembahasan cara penggunaan dari e-card jenius selanjutnya adalah cara top up. Salah satu keunggulan dari fitur yang ditunjukkan oleh jenis ini adalah memungkinkan para pengguna mengisi saldo di beragam jenis kartu sesuai keinginan. Pengisian bisa dilakukan langsung dari saldo utama yang ada di aplikasi tersebut. Baguslah itu bisa dibagi ke beberapa pilihan kartu termasuk juga ke jenis kartu e-card ini.

Lalu bagaimana cara mengisi saldo e-card jenius? Sangat mudah sekali caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi jenius
  2. Masuk ke menu call center dan pilih e-card
  3. Pastikan saldo utama jenius Anda tersedia
  4. Pilih menu top up di bagian bawah kiri
  5. Masukkan jumlah yang akan di Top Up
  6. Klik lanjut
  7. Klik top up kartu

Cara blokir kartu virtual jenius

Kemudian Anda mengalami masalah dengan kartu Anda misalnya ada tagihan yang yang terkadang otomatis, atau lainnya, maka anda harus memblokir. Proses blokir tidak harus Anda datang ke kantor cabang jenius melainkan bisa melalui aplikasi oleh anda sendiri. Adapun cara proses blokirnya sangatlah mudah yakni sebagai berikut:

  1. Pastikan anda masih di menu e-card
  2. Pilih menu blokir kartu
  3. Pilih blokir kartu sementara atau permanen

Cara refund dana dari e-card ke saldo utama

Jika kemudian Anda mau melakukan refund dari arti virtual ke saldo utama, itu juga sebetulnya bisa dilakukan dengan sangat mudah. Pada bagian menu, anda Klik tombol garis 3 di bagian kiri bawah. Di sana ada dua pilihan yakni ubah limit dan juga refund dana. Setelah dana ada refund maka nanti masuk ke saldo utama. Anda bisa lakukan tombol kembali jika memang mau digunakan lagi.

Cara gunakan kartu virtual e-card jenius untuk belanja

Selanjutnya jika anda mau menggunakannya untuk belanja, bentuk hal yang paling utama adalah anda Pastikan mencatat nomor kartu virtual tersebut beserta kode cvv. Lalu setelah itu Anda lakukan beberapa tahapan berikut:

  1. Pilih menu bayar di situs di mana anda akan belanja
  2. Pilih metode pembayaran visa
  3. Masukkan nomor e-card
  4. Masukkan bulan dan tahun expired
  5. Masukkan kode cvv
  6. Masukkan nama pemilik e-card
  7. Masukkan alamat
  8. Proses bayar
  9. Cek kode OTP di handphone anda (nomor yang Anda gunakan untuk daftar jenius)
  10. Masukkan kode OTP tersebut
  11. Tunggu proses pembayaran selesai dan berhasil

Sepertinya itulah beberapa penjelasan yang bisa saya ungkapkan mengenai bagaimana cara menggunakan e-card jenius di aplikasi mobile. Semoga beberapa informasi diatas bisa membantu anda.

Share

Belum ada Komentar untuk "Cara Menggunakan dan Setting e-Card Jenius BTPN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel