Review Pegadaian Digital; Fitur dan Cara Registrasi

Review Pegadaian Digital; Fitur dan Cara Registrasi

 

Review Pegadaian Digital

Banyak lembaga keuangan yang kemudian bertransformasi dari versi manual ke digital. Salah satu diantaranya adalah pegadaian. Kini Anda bisa mengenal wah dan menggunakan produk pegadaian dalam versi digital. Bahkan memiliki nama sendiri yakni pegadaian digital. Mau tahu bagaimana review pegadaian dalam versi digital tersebut? Mari simak tulisan ini.

Pegadaian sendiri merupakan salah satu lembaga dibawah naungan plat merah BUMN. Artinya Pegadaian memang merupakan salah satu lembaga keuangan milik negara. Adapun produk keuangan yang ditawarkan cukup banyak mulai dari gadai sampai dengan proses kredit atau pinjaman. Mengingat saat ini memang nasabah atau konsumen sudah familiar dengan dunia digital internet, akhirnya munculah konsep pegadaian 4,0 digital.

Apa yang Dimaksud dengan Pegadaian Digital?

Pegadaian digital adalah sebuah produk aplikasi mobile hasil Inovasi dan Transformasi dari lembaga Pegadaian. Mobile apps ini hadir untuk memudahkan para nasabah dan konsumen dalam mengakses dan memanfaatkan fitur produk keuangan secara online. Adanya produk digital gadai ini tentu memberikan banyak manfaat untuk masyarakat Indonesia.

Masyarakat tidak harus selalu pergi ke kantor pegadaian untuk bisa melakukan proses Transaksi dan kegiatan lain yang ada di Pegadaian. Para konsumen atau nasabah cukup dengan membuka handphone Dari mana saja dan kapan saja. Beragam kegiatan seperti transaksi gadai, pengajuan pinjaman sampai dengan tabungan emas dan haji bisa diakses mudah melalui fitur mobile aplikasi tersebut.

Apakah Pegadaian Digital Buka 24 Jam?

Sistem digital memang seharusnya memungkinkan untuk para nasabah bisa mengakses dan melakukan beragam transaksi selama 24 jam. Lalu bagaimana dengan produk digital Pegadaian ini? Ternyata sistem yang disajikan oleh Pegadaian versi digital ini memungkinkan untuk para pengguna mengakses nya selama 24 jam. Artinya Anda bisa menggunakan dan memanfaatkan layanan ini kapan saja anda butuh.

Apa Saja Fitur yang Dimiliki Pegadaian Digital?

Hal yang jadi Pertanyaan selanjutnya adalah tentang fitur yang dimiliki oleh aplikasi gadai digital ini. Sebagai salah satu aplikasi mobile yang dikembangkan oleh para Developer, tentu ada beragam pilihan fitur dan fasilitas yang disediakan. Para nasabah atau pengguna bisa memanfaatkan fitur dan fasilitas tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Sementara itu tentu masih banyak yang belum mengetahui apa saja sebetulnya fitur dan fasilitas yang tersedia serta bisa digunakan dalam versi smartphone itu? Mari simak beberapa penjelasan fiturnya di bawah ini:

  • Gadai tabungan emas
  • Gadai secara online
  • Pembiayaan haji
  • Pembiayaan usaha online
  • Top up tabungan emas
  • Transaksi pembayaran mikro
  • Transfer, jual dan cetak emas
  • Info harga emas dan logam mulia
  • Simulasi transaksi
  • Pencairan ke beberapa rekening bank

Bagaimana Cara Mendaftar Pegadaian Digital?

Setelah mengetahui beragam pilihan fitur dan fasilitas yang disajikan, sebaiknya anda segera melakukan proses pendaftaran. Namun demikian pastinya banyak yang masih belum mengetahui bagaimana dan seperti apa proses pendaftaran bisa dimulai. Maka dari itu disini akan coba dijelaskan secara lebih detail mengenai daftar gadai digital dalam aplikasi mobile.

  1. Download dan instal aplikasi Pegadaian digital di Smartphone via Google Play atau App Store
  2. Buka aplikasi yang sudah anda download dan instal tadi
  3. Mulai lakukan pendaftaran
  4. Masukkan nomor handphone anda
  5. Akan muncul kode OTP ke nomor anda
  6. Masukkan kode oTP tersebut
  7. Masukkan email dan confirm password
  8. Buka email anda klik link aktivasi akun
  9. Akun Anda sudah siap digunakan dan bisa login
  10. Selanjutnya anda perlu isi data nasabah di aplikasi; ada beragam data yang perlu Anda isi dengan dan detail

Apakah Gadai Boleh Dilakukan Secara Online?

Hal yang seringkali ditanyakan adalah Apakah anda bisa atau boleh melakukan proses gadai secara online. Ya salah satu pilihan fitur yang disajikan dan disediakan oleh produk digital Pegadaian ini adalah memungkinkan anda untuk bisa melakukan gadai online. Artinya memang selain menawarkan fitur tabungan emas mas juga tentunya bisa menggunakan fitur lain termasuk menggadaikan sesuatu secara online.

Ada beberapa hal menguntungkan dari proses gadai online yang ditawarkan oleh fitur dan aplikasi. Adapun beberapa kemudahan yang ditawarkan misalnya:

  • Mengisi formulir secara online
  • Mengetahui nilai gadai dan simulasi
  • Bisa mengajukan 24 jam

Cara Mengajukan Gadai Secara Online

Adanya fitur yang satu ini, mengapa proses jadi tidak harus selalu langsung datang ke Kantor Pegadaian. Akan tetapi anda bisa melakukannya menggunakan aplikasi mobile yang tidak ada download. Dan S akan tetapi mungkin menjadi pertanyaan adalah tentang apa dan bagaimana proses dan caranya. Silakan simak cara dan proses mengajukan gadai online sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi gadai digital
  2. Pilih menu gadai di halaman utama
  3. Klik booking service
  4. Pilih barang yang akan digadai
  5. Isi data barang yang akan digadai
  6. Foto barang yang akan di gadaikan
  7. Akan muncul taksiran dana pinjaman yang bisa anda dapat dari hasil gadai
  8. Pilih galeri gadai terdekat di sekitar Anda
  9. Isi detail waktu anda akan datang ke galeri gadai terdekat
  10. Silakan Anda datang sesuai jadwal
  11. Setelah sampai Anda berikan barang yang akan digadai
  12. Customer service akan memberikan penjelasan
  13. Teller akan memberikan dana pencairan

Apa itu CIF di Pegadaian Digital?

Pada saat anda melakukan registrasi akun di pegadaian digital, anda akan mendapatkan CIF. CIF sendiri merupakan kepanjangan dari customer identification file. Ini sebetulnya semacam nomor identitas nasabah sebagai salah satu media identifikasi yang diberikan bagi yang sudah melakukan registrasi dan menjadi pengguna salah satu produk Pegadaian.

CIF sendiri biasanya memang merupakan deretan angka yang berjumlah 10 angka. Biasanya nomor identifikasi tersebut bisa anda lihat dari beberapa berkas seperti isi surat perjanjian kredit, surat bukti gadai, buku tabungan emas dan banyak lagi lainnya. Artinya para nasabah yang sudah menjadi di pengguna salah satu produk di pegadaian pasti akan memiliki nomor tersebut.

Jadi sekian informasi seputar review Pegadaian digital. Saat ini memang Sudah Serba canggih semoga beberapa informasi diatas bisa membantu.

Share

Belum ada Komentar untuk "Review Pegadaian Digital; Fitur dan Cara Registrasi "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel