Cara Menerima Transfer Uang Dari Luar Negeri

Cara Menerima Transfer Uang Dari Luar Negeri

 

Cara Menerima Transfer Uang Dari Luar Negeri

Buat temen-temen yang mungkin ada keluarga atau kerabat yang bekerja di luar negeri, mereka sesekali sering mengirim uang. Karena mungkin pertama kali, banyak diantaranya yang bingung bagaimana cara menerima transfer uang dari luar negeri. Demikian juga sebaliknya, keluarga atau kerabat dan teman Anda juga mungkin di luar negeri bingung bagaimana cara transfer uang ke Indonesia.

Nah kali ini kita akan bahas tentang bagaimana cara cara menerima uang dari luar negeri. Bagi Anda yang ada di Indonesia juga bisa memberitahu kepada teman ada yang di luar negeri tentang cara transfer. Bahkan sebetulnya bisa dilakukan dengan mudah mentransfer ke rekening bank yang anda miliki mulai dari bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, BTPN atau mungkin jenis bank lainnya juga.

Data yang Harus Disiapkan dan Diberikan

Pertama Anda yang ada di Indonesia harus menyiapkan beberapa data yang memang harus disiapkan dan nanti kemudian diberikan kepada keluarga teman Anda tersebut yang ada di luar negeri. Biasanya memang ada beberapa data khusus berhubungan dengan rekening yang dibutuhkan untuk proses pengisian formulir pengiriman dana nantinya.

Secara umum untuk beberapa jenis dan pilihan bank yang ada, data yang dibutuhkan tidak beda jauh. Setidaknya ada beberapa data yang umum sering diperlukan diantaranya:

  • Nama lengkap
  • Nomor rekening
  • Nama bank
  • Kode Swift
  • Nama kantor cabang
  • Alamat kantor cabang

Kode Swift itu diisi dengan kode bank yang rekeningnya anda miliki. Sementara nama kantor cabang itu biasanya diisi dengan Dimana anda membuat rekening bank Anda itu. Biasanya setiap kantor cabang juga memiliki kode khusus.

Cara Menerima Transfer Uang Dari Luar Negeri

Nah kali ini kita akan langsung sahaja bahas secara lebih terperinci bagaimana cara menerima transfer dari luar negeri berdasarkan jenis bank yang bisa anda gunakan untuk menerima dana tersebut. Oleh karenanya Anda bisa mendapatkan beberapa informasinya melalui beberapa cara yang bisa dilakukan.

Ada beberapa pilihan bank bahkan juga melalui metode lain yang bisa digunakan untuk Anda bisa mendapatkan transferan uang dari luar negeri. Beberapa cara yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Cara Menerima Transfer Uang Luar Negeri Bank BRI

Pertama Anda bisa menggunakan produk dari Bank BRI. Bank BRI memiliki produk khusus bernama BRI Remittance. Produk tersebut memungkinkan para nasabah atau siapapun melakukan transfer atau terima dana dari luar negeri.

  • Incoming Remittance = ini adalah layanan pengiriman uang dari luar negeri melalui jalur telegraphic transfer serta BRIfast web services. Nanti dana yang ditransfer akan langsung masuk ke rekening bank BRI indonesia.
  • Outgoing Remittance = ini adalah layanan pengiriman uang dari Indonesia ke luar negeri. Anda bisa melakukan pengiriman dari dana ke lebih dari 1200 bank yang sudah bekerjasama dengan BRI.

Nah karena di sini yang dibahas adalah tentang cara mendapatkan dana dari luar negeri yang ditransfer, maka tentu yang dipakai adalah cara yang pertama yakni incoming remittance. Prosesnya sangat mudah sekali yakni sebagai berikut:

  • Orang yang ada di luar negeri datang ke Remittance Company partner BRI
  • Lakukan pengisian form pengiriman uang
  • Data yang diisi cuma 3 yakni; nama lengkap, alamat dan nomor rekening

Jadi anda hanya perlu memasukkan 3 data tersebut atau memberikan 3 data tersebut kepada teman atau keluarga anda yang ada di luar negeri yang akan mengirim uang, setelah itu nanti dan akan langsung ditransfer dan masuk ke rekening anda.

2. Cara Menerima Uang Dari Luar Negeri via Bank BCA

Selanjutnya Anda bisa juga menerima dana transfer dari luar negeri melalui bank BCA. Nah disini Bank BCA sendiri sebetulnya memiliki layanan khusus bernama Layanan Fire Cash Bank BCA. Layanan tersebut memang khusus memudahkan para pengguna dalam menerima kiriman uang dari luar negeri ke rekening BCA.

Akan tetapi di sini memang pihak bank BCA hanya bekerjasama dengan beberapa pilihan aplikasi transfer uang dan layanan lembaga transfer luar negeri. Ada beberapa pilihan yang bisa digunakan oleh teman atau keluarga anda untuk transfer langsung ke bank BCA dengan mudah yakni:

  • PIN Fire Cash
  • TransFast
  • MoneyGram
  • Xpress Money

Selain itu juga Bank BCA menawarkan dua pilihan produk transfer atau terima uang dari luar negeri yakni BCA remiten. Ada dua pilihan yang juga hampir sama dengan BRI yakni

  • -Outward Remittance
  • -Inward Remittance

Apapun acaranya yang kemudian harus dilakukan adalah Bagaimana anda memberikan data informasi nomor rekening BCA bersama identitas anda. Selanjutnya pada proses pencairan, nanti anda akan mendapatkan PIN yang diberikan oleh pengirim. Proses pencarian terkadang memang harus datang ke kantor untuk anda bisa memberikan informasi Pin dan kode yang diberikan agar bisa dicairkan.

3. Cara Menerima Transfer Uang Dari Luar Negeri via Bank BNI

Selanjutnya kita bahas Bagaimana cara menerima transfer dari uang luar negeri ke Indonesia melalui bank BNI. Dalam hal ini jangan khawatir juga karena Bank BNI ternyata sudah memiliki beberapa cabang di luar negeri. Bahkan juga memiliki produk yang bernama Smart remittance. Produk ini memang khusus untuk kebutuhan transfer atau terima uang dari luar negeri.

Ada dua pilihan produk yakni:

  • Incoming Transfer (ITR) - ini khusus untuk menerima dana dari luar negeri dengan beragam kelebihan dan keuntungan bahkan prosesnya lebih cepat dan aman.
  • Outgoing Transfer (OTR)- kalau ini khusus untuk pengiriman dana ke luar negeri. Banyak keuntungan salah satu diantaranya bisa transfer ke 125 jenis mata uang

Sementara itu di sini tentang menerima uang melalui bank BNI, ada beberapa panduan dan cara mudah bisa dilakukan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pengirim datang ke koresponden BNI di luar negeri
  2. Membawa KTP atau SIM
  3. Mengisi formulir dan mengirim dana
  4. Penerima langsung bisa cek saldo
  5. Penerima bisa langsung ambil di ATM

4. Cara Menerima Uang Dari Luar Negeri dengan Bank Mandiri

Nah kemudian selanjutnya adalah Bank Mandiri. Mandiri juga merupakan salah satu bank yang menawarkan produk memudahkan Anda mentransfer atau menerima uang dari luar negeri. Akan tetapi bank Mandiri hanya menerima secara mudah untuk penerimaan uang dari beberapa negara seperti Malaysia, Hong Kong dan Timur Tengah.

Produk atau fitur yang disajikan oleh Bank Mandiri dinamakan dengan kambing remittance atau incoming transfer. Bank Mandiri kemudian juga memiliki beberapa layanan kantor pusat dan juga cabang partner di beberapa negara tersebut.

Misalnya untuk beberapa negara tersebut, lokasi kantor pusat yang bisa dikunjungi oleh teman atau keluarga anda yang mau transfer ke Indonesia diantaranya sebagai berikut;

a. Kantor pusat Mandiri International Remittance Sdn.Bhd malaysia:

  • Wisma MEPRO, Ground &Mezzanine Floor, Lantai 29&31
  • Jalan Ipoh, Chow Kit, 51200
  • Kuala Lumpur – Malaysia

b. Kantor pusat remitansi dari Hong Kong ke Indonesia dilayani oleh Remittance Office (RO) Hong Kong.

  • PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk.
  • Cabang Hong Kong
  • Shop 3&4, 3 Keswick Street. Causeway Bay
  • Hong Kong

Jadi silakan Anda ketahui kantor pusatnya dan berikan informasi nomor rekening Mandiri yang anda miliki kepada orang yang akan mentransfer anda.

Demikian beberapa penjelasan mengenai cara menerima uang dari luar negeri melalui transfer beberapa pilihan Bank BUMN besar di Indonesia khususnya.

Share

Belum ada Komentar untuk "Cara Menerima Transfer Uang Dari Luar Negeri "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel