Cara Pengajuan KPR BTN Subsidi Beserta Syaratnya

Cara Pengajuan KPR BTN Subsidi Beserta Syaratnya

 

Pengajuan KPR BTN Subsidi

Pemerintah memiliki peran untuk membantu masyarakatnya dalam memiliki rumah. Salah satu di antaranya adalah dengan menggulirkan program rumah bersubsidi. Pemerintah bekerjasama dengan beberapa pihak pemberi pinjaman seperti Bank untuk menyalurkan kredit KPR bersubsidi. Salah satu di antaranya misalnya adalah program BTN bersubsidi yang gak bisa di ajukan oleh masyarakat Indonesia.

Adanya KPR bersubsidi ini tentu jadi salah satu solusi untuk masyarakat memiliki rumah dengan biaya yang lebih ringan. Pasalnya memang biaya yang dibayarkan sudah mengalami pengurangan hasil dari subsidi dari pemerintah. Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR yang kemudian menggarap Project itu.

Apa itu BTN subsidi?

BTN subsidi adalah program kepemilikan rumah untuk masyarakat Indonesia dari pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia. Program KPR bTN bersubsidi ini ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh program KPR bersubsidi ini adalah dari segi cicilan ringan serta suku bunga rendah.

Dengan memilih program rumah bersubsidi dari BTN, masyarakat Bisa Memiliki rumah dengan biaya yang lebih ringan. Adapun jenis rumah yang ada di prioritaskan adalah untuk kategori rumah Sejahtera Susun dan rumah Sejahtera tapak. Artinya kepemilikan rumah subsidi BTN ini bukan hanya di wilayah pedesaan tapi juga di wilayah perkotaan melalui jenis rumah susun.

Keunggulan Produk KPR Bersubsidi dari BTN

Bank BTN Menyajikan produk pembiayaan KPR bersubsidi dengan beragam kelebihan dan keunggulan. Setidaknya ada beberapa keunggulan yang bisa didapatkan oleh para nasabah diantaranya misalkan:

  • Suku bunga 5% flat
  • Uang muka atau DP hanya 1%
  • Jangka waktu bisa sampai 20 tahun
  • Bebas asuransi dan PPN
  • Bantuan DP 4 juta
  • Jaringan di seluruh Indonesia

Jadi beragam keunggulan itu bisa anda dapatkan ketika mengajukan produk pembiayaan kredit rumah bersubsidi melalui Bank BTN.

Apa Saja Persyaratan Kredit Rumah Subsidi BTN?

Sebagaimana diketahui bahwa produk subsidi pemerintah untuk KPR rumah ini memang memiliki beberapa syarat tertentu. Artinya Tidak semua orang memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan program KPR subsidi tersebut. Ada beberapa pihak yang kemudian memiliki kelayakan untuk bisa memperoleh program itu diantaranya meliputi sebagai berikut:

  • Khusus untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)
  • Telah menikah atau berusia minimal 21 tahun
  • Gaji tidak melebihi 4 juta (rumah tapak) dan 7 juta (rumah susun)
  • Terdaftar di dukcapil dan memiliki e-ktp
  • Memiliki NPWP dan SPT tahunan PPH
  • Spesifikasi rumah sesuai ketentuan pemerintah

Cara dan  Langkah Pengajuan KPR Subsidi BTN

Disini informasi penting yang harus diketahui dan banyak ditanyakan diantaranya tentang Bagaimana cara mengajukan KPR BTN? Serta Langkah langkah pengajuan KPR Subsidi? Ada berapa hal sebetulnya yang harus dilakukan untuk Anda bisa mengajukan program dan program KPR subsidi ini, diantaranya meliputi sebagai berikut:

1. Nasabah mencari rumah yang diinginkan 

Nasabah diharuskan untuk melakukan pencarian rumah yang diinginkannya. Adapun proses pencarian bisa dilakukan melalui developer dari BTN properti ataupun lainnya.

2. Siapkan dokumen KPR BTN subsidi yang dibutuhkan

Ada beberapa jenis dokumen yang dibutuhkan dan perlu disiapkan. Beberapa dokumen ini memang jadi bagian penting sebagai salah satu syarat juga dalam proses pengajuan. Adapun beberapa dokumennya meliputi:

  1. Formulir pengajuan
  2. FC e-KTP/Kartu Identitas
  3. Fotokopi kartu keluarga
  4. Fotocopy surat nikah atau cerai
  5. Dokumen slip gaji atau SK pegawai (untuk pegawai)
  6. Dokumen SIUP Perdana laporan keuangan 3 bulan (untuk wiraswasta)
  7. Dokumen penghasilan izin praktek (untuk pekerja Mandiri)

3. Submit berkas dan akan dianalisa

Selanjutnya dokumen yang dibutuhkan tersebut harus dimasukkan ke pihak bank BTN juga bisa ajukan kpr btn online. Setelah itu, kemudian dilakukan proses analisa oleh pihak kredit di bank tersebut. Kemudian akan dilakukan verifikasi oleh pihak Bank BTN tersebut. Bahkan masuk juga akan dilakukan proses wawancara untuk memastikan Apakah anda layak untuk mendapatkan program KPR bersubsidi itu atau tidak.

4. Proses akad kredit

Setelah disetujui maka Kemudian Anda diharuskan untuk memiliki rekening bank di bank BTN. Anda juga diharuskan untuk mengisi saldo akun rekening bank Anda untuk pengisian dana DP. Kalau memang sudah sesuai Maka selanjutnya akan dilakukan proses akad kredit.

5. Proses pencairan

Apa itu proses yang paling penting selanjutnya adalah pencairan. Proses pencairan Tentu juga dilakukan dengan developer sehingga nanti pembelian sudah dimulai dan proses cicilan juga bisa dimulai. Setelah itu rumah juga bisa anda segera miliki dan tinggali.

Jadi itulah beberapa penjelasan mengenai syarat ketentuan sekaligus juga prosedur cara pengajuan KPR BTN bersubsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah di Indonesia. Selamat mencoba.

 

Share

Belum ada Komentar untuk "Cara Pengajuan KPR BTN Subsidi Beserta Syaratnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel