Cara Mengetahui Nomor Taspen via NIP dan Online

Cara Mengetahui Nomor Taspen via NIP dan Online

 

Cara Mengetahui Nomor Taspen

Bagi para pekerja nasional Indonesia atau biasa disebut dengan PNS, ada kebanggaan dan keuntungan tersendiri. Salah satu diantaranya adalah dimana setelah selesai masa waktu, akan masuk ke masa pensiun. Nah di masa pensiun itulah, para PNS akan tetap mendapatkan gaji pensiunan dalam bentuk tabungan pensiun (Taspen). Nah kali ini yang dibahas adalah mengenai cara mengetahui nomor taspen bagi para PNS tentunya.

Mendapatkan tabungan pensiunan adalah salah satu hal yang membuat banyak orang mau jadi PNS selama ini. Bukan hanya dari gajinya saja yang tetap, tapi juga setelah masa kerja selesai akan mendapatkan dana pensiunan. Hal itulah yang diinginkan oleh banyak orang terutama di Indonesia bahkan pekerjaan PNS jadi impian banyak orang selama ini.

Setiap PNS akan Punya Nomor Taspen

Pertama harus diketahui bahwa setiap PNS pastinya akan memiliki nomor Taspen. Kepemilikan nomor tersebut menjadi salah satu bagian penting yang harus diketahui. Hal itu supaya kemudian nanti para pekerja bisa melakukan pengurusannya dengan mudah.

Sebetulnya memang untuk bisa mengetahui nomor Taspen setiap pegawai pejabat pemerintah atau PNS bukanlah hal yang sulit. Kita bisa melihatnya melalui beberapa pilihan cara tertentu yang beda dengan cara mencari nomor briva tentunya.

Cara Mengetahui Nomor Taspen CPNS dan PNS

Nah disini kita akan coba Jelaskan dan uraikan mengenai cara mengetahui nomor taspen PNS atau pun juga PNS dengan mudah secara online. Selain bisa mengecek nomor, kita juga sebetulnya bisa melakukan cek tanggal Taspen. Biasanya memang secara otomatis Anda bisa melakukan pengecekan tersebut dengan sangat mudah dan praktis.

Di sini sebetulnya ada dua pilihan cara yang bisa anda lakukan untuk cara mengetahui nomor taspen tersebut. Anda harus paham dan mengerti juga bahwa nomor Taspen Berapa digit akan bisa mengetahui. Langsung saja simak berikut:

1. Cara Mengetahui Nomor Taspen dari NIP

Pertama kita bisa melakukan pengecekan melalui nomor NIP. Setiap PNS pasti akan memiliki nip. Ini adalah nomor induk pegawai yang pasti dimiliki oleh setiap orang yang menjadi pegawai negara. Nomornya tersebut pastinya unik antara satu dengan orang lain. Demikian juga dengan nomor Taspen yang diambil dari NIP tersebut.

Contoh nomor NIP:

  • 19900217 202301 1xxx
  • 8 digit awal adalah informasi tanggal lahir yakni 17-02-1990
  • Rangkaian selanjutnya adalah nomor Taspen 202301

Sebetulnya perlu diketahui juga bahwa ada dua versi nomor atau kartu Taspen yang tersedia. Model lama dan baru tentu memiliki perbedaan. Model baru memiliki perbedaan cetak kartunya sejak tahun 2014 lalu.

2. Cara Mengetahui Nomor Taspen Lewat Taspencare

Cara selanjutnya Anda bisa mengetahui nomor Taspen melalui Taspen. Adapun tutorial dan panduannya adalah sebagaimana disebutkan:

  1. Buka situs https://tcare.taspen.co.id/tcare/
  2. Pilih opsi pertanyaan
  3. Isi kolom pertanyaan
  4. Masukkan kode verifikasi
  5. Lalu kirim
  6. Tunggu balasan

3. Cara Mengetahui Nomor Taspen di App Taspen Mobile

Kemudian cara baru yang juga bisa dilakukan adalah dimana anda bisa menggunakan aplikasi Taspen mobile untuk mengetahui nomor Taspen. Adapun tutorial dan panduannya adalah sebagai berikut:

  1. Silakan download Taspen mobile di Google Play
  2. Lakukan pendaftaran
  3. Masukkan NIP, NIK dan tanggal lahir
  4. Masukkan email Aktif
  5. Masukkan kode yang dikirim ke email
  6. Masukkan nomor handphone
  7. Kode OTP yang dikirim ke SMS
  8. Klik menu akun profil
  9. Silakan Lihat nomor Taspen Anda tersedia disana

Jadi itulah beberapa panduan muda mengenai cara mengetahui nomor Taspen melalui beberapa pilihan metode yang tersedia. Jadi bagi para PNS setidaknya sudah bisa mengetahui beberapa tahapan dan langkah yang bisa dilakukan.

Share

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengetahui Nomor Taspen via NIP dan Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel