Cara Bayar MRT Pakai Metode Terlengkap 2024

Cara Bayar MRT Pakai Metode Terlengkap 2024

 

Cara Bayar MRT

Tahukah anda bahwa pembayaran massif rail transit atau MRT dalam bahasa Indonesia Moda Raya Terpadu bisa dilakukan dengan menggunakan beragam pilihan metode? Para pengguna baru mungkin yang berasal dari luar Jakarta dan mau naik ini, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu. Ada beberapa panduan dan tTata cara bayar mrt yang juga pastinya harus dipahami.

Sebagaimana diketahui bahwa Jakarta sudah melakukan integrasi model Raya terpadu ini sejak 24 Maret 2019 lalu. Sampai sekarang tentu banyak sekali peminatnya meskipun hanya menempuh jarak 16 km dari Bundaran Hotel Indonesia hingga lebak bulus.

Beberapa diantaranya ada yang naik memang karena sesuai kebutuhan, tapi juga mungkin sebagian yang lain mau coba naik hanya sekedar mencoba merasakannya. Apapun tujuannya tentu penting untuk mengetahui metode dan tata cara pembayaran tiketnya.

Metode dan Metode Pembayaran MRT 

Nah di sini perlu diketahui bahwa sebetulnya memang ada beberapa pilihan metode yang tersedia dan bisa digunakan. Sebagaimana dilansir dari situs resminya yakni jakartamrt.co.id diketahui bahwa ada beberapa pilihan metode yang bisa digunakan.

Apa saja beberapa pilihan metode tersebut? Berikut adalah diantaranya:

1. Tiket Single Trip

Metode pembayaran bisa menggunakan Tiket Single Trip. Metode ini adalah dalam bentuk tiket kartu yang hanya digunakan dalam single trip saja artinya memang bisa dipakai sekali jalan. Akan tetapi di masa pandemi ini tiket tersebut sudah tidak berlaku lagi atau tidak bisa digunakan.

2. Tiket Multi Trip

Selanjutnya juga metode yang bisa digunakan adalah Tiket Multi Trip. Tiket multitrip ini merupakan salah satu tiket berisi saldo yang dapat dipakai berkali-kali dan Anda juga bisa melakukan pengisian ulang. Anda bisa melakukan pembelian tiket ini pada mesin tiket otomatis.

3. Kartu JakLingko

Metode selanjutnya adalah melalui Kartu JakLingko. Kartu ini merupakan salah satu kartu multiguna yang memang dikeluarkan pemerintah DKI Jakarta melalui anak usahanya. Ini merupakan salah satu integrasi juga untuk beberapa pilihan moda transportasi mulai dari Transjakarta, MikroTrans, dan MRT Jakarta.

4. Kartu Elektronik Bank

Selanjutnya juga MRT bekerjasama dengan beberapa pilihan bank untuk melakukan pembayaran melalui kartu pembayaran yang dikeluarkan oleh bank. Biasanya memang kita yang harus sendiri melakukan pengisian saldo pada kartu tersebut salah satu di antaranya ada kartu Flazz, brizzi, tapcash, emoney dll. 

5. Aplikasi MRT Jakarta

Selanjutnya Anda juga bisa menggunakan aplikasi MRT Jakarta untuk melakukan proses pembelian. Hal ini justru sangat mudah karena memang sudah terintegrasi dengan beberapa pilihan metode pembayaran melalui e-wallet seperti dana, gopay, ovo dan link aja.

Tutorial dan Panduan Cara Bayar MRT 

Lebih lanjut, tentu kita perlu Jelaskan tentang beberapa tutorial sekaligus juga panduan cara bayar mrt untuk beberapa pilihan metode tersebut. Setidaknya disini akan dijelaskan beberapa pilihan metode yang memang paling umum banyak digunakan.

Adapun beberapa pilihan metode tersebut, kita simak penjelasannya dalam beberapa poin di bawah ini:

1. Cara Bayar MRT Pakai Go-Pay

Pertama, anda bisa melakukan proses pembayaran dengan menggunakan go-pay. Go-pay salah satu adalah salah satu e-money yang dimiliki oleh go-jek. Ini kemudian bisa digunakan untuk beragam kebutuhan termasuk bayar MRT. Berikut tutorialnya:

  • Buka aplikasi MRT Jakarta
  • Pilih beli tiket
  • Pilih Stasiun keberangkatan dan tujuan
  • Pilih metode pembayaran go-pay
  • Anda diarahkan ke akun go-pay
  • Klik bayar lalu masukkan PIN
  • Scan QR di gerbang MRT

2. Cara Bayar MRT Pakai ovo

Kemudian Bagi anda yang mau membeli melalui dengan menggunakan metode transaksi dompet digital ovo, caranya sama dengan langkah di atas. Namun yang paling penting anda harus melakukan pemilihan metode pembayaran dengan ovo.

3. Cara Bayar MRT Pakai dana

Pembayaran menggunakan aplikasi dana juga sama saja, hanya saja memang metode pembayarannya saja yang harus Anda kemudian pilih nantinya disesuaikan dengan metode yang ingin anda gunakan yakni dan.

4. Cara Bayar MRT Pakai linkaja

Satu lagi metodenya ada bisa gunakan menggunakan link aja. Metodenya sama dia seperti di atas ada harus memiliki akun atau aplikasi MRT Jakarta terlebih dahulu, lalu kemudian gunakan metode pembayaran pembelian tiket lewat link aja.

5. Cara Bayar MRT Pakai flazz, brizzi, tapcash dan emoney lain

Sementara itu Jika Anda memang mau menggunakan kartu yang ditawarkan oleh bank salah satu diantaranya flazz, brizzi, tapcash, maka anda harus bisa mengetahui metode dan cara yang bisa Kemudian Anda gunakan beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Pastikan anda sudah memiliki salah satu kartu tersebut flazz, brizzi, tapcash dan emoney lain
  • Pastikan kartu tersebut sudah anda isi dengan saldo minimal 15.000
  • Datang ke lokasi stasiun MRT
  • Tap kartu tersebut pada tombol gerbang yang tersedia
  • Siapkan kartu lagi untuk melakukan tap di pintu Stasiun tujuan
  • Saldo yang anda miliki di kartu tersebut akan terpotong otomatis

Jadi setidaknya memang itulah beberapa penjelasan penting mengenai panduan dan tutorial serta metode cara bayar mrt lewat berbagai metode. Beragam metode diatas sangat lengkap dan anda bisa gunakan saat ini.

Share

Belum ada Komentar untuk "Cara Bayar MRT Pakai Metode Terlengkap 2024"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel