Kenapa yang Belum Menikah Tidak Boleh Memberi Angpao?

Kenapa yang Belum Menikah Tidak Boleh Memberi Angpao?

 

Belum Menikah Tidak Boleh Memberi Angpao

Menjelang hari raya Chinese, biasanya memang ada istilah angpao yang dibagikan untuk kalangan tertentu. Misalnya ketika memasuki hari raya Imlek, banyak sekali angpao yang dibagikan. Tapi juga ada beberapa pantangan salah satu diantaranya adalah orang menikah belum boleh untuk memberikan angpao.

Mungkin banyak diantaranya yang kemudian bertanya, kenapa orang yang belum menikah tidak boleh memberi angpao? Ternyata memang ada beberapa alasan tertentu yang kemudian jadi jawaban dari tantangan tersebut.

Apa Itu Angpao?

Angpao memang menjadi salah satu hal yang dinantikan pada saat Imlek tiba. Angpao ini biasanya dalam bentuk lisan ataupun juga bungkusan uang yang dibagikan pada anak-anak pada hari raya tersebut.

Angpao ini biasanya juga dibagikan untuk rekan atau keluarga saja. Misalnya angpao diberikan kepada anak-anak saudara yang masih memiliki perikatan dengan kita.

Syarat Utama Memberikan Angpao

Dalam tradisi Cina ternyata tidak sembarangan orang bisa memberikan angpao saat Imlek. Ada beberapa aturan sekaligus juga pantangan yang harus diperhatikan. Salah satu diantaranya yang belum menikah belum dibolehkan untuk memberikan angpao.

Aturan yang paling utama sebetulnya adalah di mana angpao itu harus diberikan oleh orang yang lebih tua kepada mereka yang lebih muda dan juga harus sudah menikah. Artinya menikah menjadi syarat yang utama.

Kenapa Orang yang Belum Menikah Tidak Boleh Memberi Angpao?

Mungkin banyak diantaranya kemudian bertanya alasan kenapa orang yang belum menikah tidak boleh memberi angpao tersebut. Ternyata berdasarkan pandangan dalam tradisi Tionghoa; orang yang sudah menikah dianggap sudah dewasa dan sudah melewati masa peralihan dari remaja ke dewasa.

Kemudian disamping itu juga orang yang sudah menikah memang dianggap memiliki kemampuan setidaknya sudah bisa hidup mandiri dari berbagai sisi. Dalam hal ini kemapanan mungkin menjadi salah satu bukti dari orang yang sudah menikah.

Bagaimana kalau sudah mapan? Kalaupun sudah mapan, tetep aja ini adalah pantangan yang tidak boleh dilanggar. Artinya yang belum menikah belum diperbolehkan untuk memberikan angpao meskipun dia sudah berkecukupan.

Bagaimana Jika Pantangan Itu Dilanggar?

Apabila pantangan ini dilanggar, tentu ada beberapa hal yang dikhawatirkan. Misalnya orang yang belum menikah tapi mapan kemudian memberikan angpao, dikhawatirkan nanti dia akan mengalami kesulitan.

Beberapa kesulitan yang mungkin terjadi salah satu diantaranya adalah dikhawatirkan mengalami kesulitan dalam menemukan jodoh. Kalaupun misalnya memberi kepada anak-anak. Baiknya diniatkan bukan angpao tapi hanya memberi uang jajan saja.

Selanjutnya juga uang tersebut tidak boleh diberikan pada amplop merah. Akan tetapi memang harus dalam bentuk uang biasa saja yang langsung diberikan dan besarannya tentu bebas sesuai keinginan.

Share

Belum ada Komentar untuk "Kenapa yang Belum Menikah Tidak Boleh Memberi Angpao?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel