Perbedaan UKT dan SPP, Mahasiswa Wajib Tahu!

Perbedaan UKT dan SPP, Mahasiswa Wajib Tahu!

 

Perbedaan UKT dan SPP

Buat calon mahasiswa yang mau kuliah ataupun mahasiswa yang sudah kuliah, sebaiknya mengetahui apa itu perbedaan ukt dan spp. Terkadang banyak diantaranya yang memang masih salah membedakan antara kedua komponen tersebut.

Padahal sebetulnya memang ini sangatlah penting sekali untuk dipahami dan dipelajari agar bisa paham bagaimana cara memahami keduanya. Perlu diketahui juga bahwa pihak kampus ada yang menerapkan sistem UKT, ada juga yang menerapkan sistem SPP.

Apa Itu UKT?

UKT adalah singkatan dari uang kuliah tunggal. Ini adalah sistem pembayaran biaya kuliah yang diberlakukan di seluruh perguruan tinggi negeri (PTN). Jadi harus diingat bahwa ini adalah sistem yang digunakan di PTN.

Sistem UKT ini memang dibuat dengan tujuan yang mulia. Pasalnya sistem ini menyesuaikan dengan kemampuan orang tua. UKT setiap mahasiswa itu akan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Biasanya ada beberapa pilihan kelompok tertentu berdasarkan kemampuan orang tua.

Biaya UKT mahasiswa anak seorang pengusaha, tentu akan berbeda dengan nilai oktan dari anak seorang petani. Biasanya pas awal masuk, mahasiswa memilih salah satu kelompok. Lalu kemudian dilakukan verifikasi oleh pihak kampus.

Buka tab sendiri memang bisa bisa dikatakan bersikap adil karena menyesuaikan kemampuan orang tua sehingga mampu bayar tanpa harus ajukan pinjaman kuliah. Selain itu juga ada lampu kan biasanya ada peran serta pemerintah. Biaya kuliah mahasiswa sudah diberikan subsidi oleh pemerintah.

Kemudian juga UKT ini biasanya dibayar setiap satu semester atau 6 bulan sekali.

Apa Itu SPP?

Sementara biaya SPP adalah sendiri singkatan dari sumbangan pembinaan pendidikan. Ini adalah sistem yang digunakan sebagai bagian dari pembayaran di perguruan tinggi swasta atau PTS.

PTN juga sebetulnya dulunya adalah menggunakan SPP. Tapi kemudian setelah ada kebijakan baru akhirnya diberlakukanlah sistem UKT. SPP dibayar bisa setiap bulan atau setiap semester, bergantung kebijakan.

SPP ini sendiri biasanya merupakan lebih mahal karena berlaku di kampus swasta. Lalu kemudian juga hal itu terjadi karena memang tidak ada subsidi.

Jadi sudah jelas dari penjelasan diatas mengenai perbedaan antara keduanya tersebut. Anda bisa membedakan antara perbedaan ukt dan spp. Mudah sekali kan memahaminya?

Share

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan UKT dan SPP, Mahasiswa Wajib Tahu!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel