Cara Melihat Data MBR Beserta Panduan Daftarnya

Cara Melihat Data MBR Beserta Panduan Daftarnya

 

Cara Melihat Data MBR

Cara melihat data mbr - Pemerintah melakukan berbagai cara dan upaya untuk memberikan kemudahan dan dukungan baik moril atau materiil bagi masyarakat. Salah satu diantaranya adalah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Masyarakat yang memiliki penghasilan rendah akan terdaftar di sistem milik pemerintah, nah yang jadi pertanyaan bagaimana cara melihat data mbr tersebut?

Apa Itu MBR?

Sebagaimana disebutkan diatas bahwa MBR merupakan singkatan dari masyarakat berpenghasilan rendah. Berdasarkan pengertian yang ada dalam undang-undang nomor 11 tahun 2011, disebutkan bahwa MBR ini adalah kelompok masyarakat yang mempunyai keterbatasan daya beli.

Karena keterbatasannya itulah, maka kemudian perlu mendapatkan dukungan dari pemerintah. Salah satu dukungan yang diberikan adalah memberikan kemudahan untuk masyarakat mendapatkan tempat tinggal atau rumah.

Tujuan dan Manfaat Terdaftar MBR

Bagi masyarakat yang terdaftar di mbr, tentu akan mendapatkan berbagai keuntungan. Pemerintah mengalokasikan dana ataupun juga bantuan untuk masyarakat kelompok tersebut.

Disini salah satu di antaranya pemerintah Surabaya misalnya. Pemerintahan daerah Surabaya mencatat data masyarakat yang masuk dalam kategori mbr untuk kemudian bisa mendapatkan hak-haknya.

Berbagai bantuan diberikan salah satu diantaranya misalkan untuk bantuan uang tunai maupun juga bantuan lainnya. Tujuan utamanya tentu adalah untuk memberikan kesejahteraan dan mewujudkan hidup yang lebih baik bagi masyarakat.

Tutorial Cara Melihat Data MBR Surabaya

Buat kalian yang tinggal di wilayah Surabaya dan mau mengetahui apakah sudah masuk ke data mbr atau belum, maka perlu dilakukan pengecekan. Di sini proses pengecekan nya bisa dilakukan secara online dan mudah.

Bagaimana dan seperti apa tutorialnya? Silakan simak berikut adalah panduannya:

  1. Kunjungi situs resmi https://epemutakhirandata.surabaya.go.id/
  2. Silakan masukkan Nik KTP anda
  3. Masukkan captcha
  4. Lalu klik cek

Jika kalian sudah terdaftar di data ini, maka keterangannya nanti akan muncul "MBR: Ya", sementara jika kemudian kalian belum tercatat, maka informasi yang muncul hasilnya dari Penelusuran itu adalah data tidak ditemukan.

Khusus untuk wilayah Surabaya, dalam situs resminya disebutkan bahwa ada beberapa data warga yang sudah tercatat atau terdaftar di mbr. Berikut adalah diantaranya:

  • Jumlah KK MBR = 342.023 KK
  • Jumlah Jiwa MBR = 966.315 Jiwa
  • Jumlah KK Masyarakat Khusus = 51.261 KK
  • Jumlah Jiwa Masyarakat Khusus = 68.196 Jiwa

Saya Belum Terdaftar, Apa yang Harus Dilakukan?

Nah buat kalian yang mungkin merasa memiliki penghasilan di bawah rata-rata dan mau terdaftar di sini, maka sebaiknya harus mengetahui bagaimana cara mendaftar data mbr. Sebetulnya proses pendaftaran nya sendiri bisa dilakukan melalui RT dan RW setempat dengan persyaratan kartu keluarga serta KTP.

Nanti setelah itu pihak RW, Dusun sampai Kelurahan akan melakukan proses verifikasi melalui aplikasi pemutahiran situs mbr. Ketika dinyatakan lolos verifikasi oleh survey dinsos maka nanti akan ditentukan apakah masuk data atau tidak.

Jadi begitu beberapa informasi mengenai cara melihat data mbr peta informasi tentang cara mendaftarnya Jika Anda memang belum terdaftar. 

Share

Belum ada Komentar untuk "Cara Melihat Data MBR Beserta Panduan Daftarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel