Cara Cek NRG Guru yang Baru Lulus Sertifikasi Terbaru 2024

Cara Cek NRG Guru yang Baru Lulus Sertifikasi Terbaru 2024

 

Cara Cek NRG Guru yang Baru Lulus Sertifikasi

Banyak cara yang dilakukan pemerintah dalam bidang pendidikan untuk meningkatkan kualifikasi guru sekaligus juga penghasilannya. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengadakan program sertifikasi. Bagi anda para guru yang sudah lolos sertifikasi belum lama ini, sebaiknya ketahui tutorial cara cek nrg guru yang baru lulus sertifikasi.

Proses pengecekan ini pastinya bukan hal yang mudah apalagi bagi para guru pemula yang baru saja melakukan proses sertifikasi. Beda halnya dengan ada yang sudah berkali-kali melakukan sertifikasi, mungkin banyak yang sudah tahu tentang cara mengecek nrg tersebut. Oleh karenanya bagi yang belum tahu, sebaiknya baca dan simak artikel.

Apa Itu NRG Guru?

NRG sendiri merupakan singkatan dari Nomor Registrasi Guru. Biasanya nomor NRG ini didapatkan setelah melalui proses sertifikasi. Dengan kata lain bisa disebutkan bahwa energi adalah nomor identitas bagi guru atau tenaga pendidik yang telah memiliki sertifikat pendidik.

Sertifikat pendidik tersebut tentunya bisa diperoleh dengan mengikuti sertifikasi. Jika Anda memang sudah lulus proses sertifikasi, nanti akan ada nomor nRG yang dimiliki oleh para pengajar tersebut.

Biasanya nomor tersebut akan berguna untuk berbagai kebutuhan seperti sebagai akses untuk masuk ke profil guru. Kemudian juga bisa digunakan untuk melihat tunjangan dan fungsional guru bahkan menjadi syarat untuk dikeluarkannya SK tunjangan profesi pendidik [TPP].

Panduan Cara Cek NRG Guru yang Baru Lulus Sertifikasi

Nah disini para guru pemula Mungkin banyak yang belum paham di mana bisa mengecek nomor NRG tersebut. Oleh karena itu kita akan jelaskan tutorial sekaligus juga panduan cara cek nrg guru yang baru lulus sertifikasi terbaru yang bisa digunakan. Di sini perlu diketahui bahwa ada beberapa pilihan cara yang bisa digunakan baik itu melalui NUPTK ataupun juga melalui Data Pokok Pendidikan (Dapodikdasmen).

Selain itu juga caranya sendiri bisa dilakukan berbeda pula bergantung pada lembaga Apakah di Kemendikbud ataupun juga kementerian Agama atau kemenag. Artinya cara yang bisa digunakan juga berbeda. Berikut diantaranya:

1. Cara Cek NRG Kemdikbud

Bagi anda tenaga pendidik atau guru yang berada di lingkup Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tentu di sini anda harus mengetahui tutorial cara cek NRG. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan diantaranya:

  1. Kunjungi halaman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/
  2. Email dan password
  3. Pilih menu akun
  4. Pilih info NRG

2. Cara Cek NRG Kemenag

Bagi Anda yang merupakan guru di Kementerian Agama, cara mengecek NRG sendiri bisa dilakukan secara mudah yakni sebagai berikut:

  1. Kunjungi halaman https://simpatika.kemenag.go.id/madrasah/home
  2. Masukkan Nama/ NUPT/ PegID
  3. Masukkan juga kota lokasi sekolah atau madrasah
  4. Klik cari
  5. Akan muncul NRG dari Kemenag

Jadi demikianlah tutorial sekaligus juga panduan mudah yang bisa diikuti tentang cara cek nrg guru yang baru lulus sertifikasi terbaru. Silakan coba dan terapkan beberapa langkah tersebut.

Share

Belum ada Komentar untuk "Cara Cek NRG Guru yang Baru Lulus Sertifikasi Terbaru 2024"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel