Digibank vs Jenius: Mana yang Harus Dipilih?

Digibank vs Jenius: Mana yang Harus Dipilih?

 

digibank vs jenius

Setelah kemunculan jenius dari BTPN 2016 lalu, setelah itu muncul produk bank digital selanjutnya bernama digibank. Keduanya menjadi di pilihan bank digital yang terkadang menyulitkan bagi para pengguna. Apalagi para pemula yang mau memilih salah satu diantaranya. Maka dari itu, mari kita simak seputar perbandingan antara digibank vs jenius. Tentu akan ada kelebihan dan kekurangan di antara keduanya. Namun kita bisa tentukan manakah pilihan yang akan dipilih.

Sekilas Tentang Digibank dan Jenius

Sebelum lebih lanjut penting untuk kita bahas atau tahu terlebih dahulu asal usul dari kedua batang tersebut. Hal ini seringkali bisa digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk memilih diantara keduanya. 2 bank tersebut hadir dari latar belakang perbankan yang berbeda tentunya. Adapun detailnya adalah sebagai berikut:

  1. Jenius adalah salah satu aplikasi digital banking pertama yang di dihadirkan oleh Bank Tabungan pensiunan nasional atau BTPN. Aplikasi jenis sendiri pertama kali dirilis pada 2016 lalu. Kehadiran aplikasi ini memang cukup mencengangkan bagi para pelaku industri perbankan khususnya di Indonesia. Aplikasi jenius hadir memberikan sesuatu hal yang berbeda dalam aktivitas perbankan.
  2. Digibank adalah salah satu aplikasi perbankan digital yang dihadirkan oleh Bank DBS. Bank DBS sendiri merupakan salah satu bank terbesar di Singapura dan kemudian memiliki operasional cabang di Indonesia. Bank DBS juga menghadirkan digibank dengan sentuhan yang berbeda bahkan mengusung konsep "live more bank less". Aplikasi ini bisa digunakan sebagai financial assistant yang yang sangatlah mudah dan juga praktis.

Review Perbandingan Digibank vs Jenius

Selanjutnya kita bahas mengenai review perbandingan antara jenius versus digibank. Sementara jenius vs digibank ini tentu memiliki beragam kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selain itu yang akan kita juga fokus perhatikan disini adalah tentang perbedaan dan persamaan dari kedua aplikasi itu. Adapun detail penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Pembukaan rekening full online  /Branchless

Salah satu hal yang menjadi persamaan antara aplikasi jenius dan juga digibank adalah dari segi pembukaan rekening. Pembukaan rekening bisa dilakukan sendiri secara keseluruhan full online. Kalau memang ini adalah bank digital, maka kemudian tidak ada aktivitas non-online yang dilakukan. Artinya juga Anda tidak perlu pergi ke kantor Bank cabang terdekat untuk membuka tabungan atau rekening.

Para pengguna diharuskan untuk mendownload terlebih dahulu aplikasinya melalui Google Play atau Apple Store. Lalu kemudian mengisi formulir yang tersedia untuk mengajukan pembukaan rekening. Setelah itu akan ada verifikasi akun dan juga aktivasi dengan melalui video call. Bahkan digibank menyebutnya dengan konsep branchless (tanpa harus pergi ke kantor bank) dan juga signaturless (tanpa perlu tanda tangan).

2. Produk dan layanan

Pertama dari segi produk dan layanan untuk kedua bank tersebut memiliki persamaan dan juga perbedaan. Akan tetapi sepertinya produk yang ditawarkan oleh digibank itu lebih banyak dibandingkan dengan yang ditawarkan oleh aplikasi jenius. Oleh karenanya tentu sangat penting juga untuk Anda bisa coba cari tahu seperti apa dan bagaimana perbandingan antara kedua produk dan layanan yang diberikan. Anda bisa simak perbandingannya sebagai berikut:

Jenius Digibank
Tabungan
Deposito
Pinjaman /Flexi Cash

Tabungan 
Deposito
Kartu kredit
Pinjaman
Investasi 
Transfer Vallas 

3. Tabungan /saving

Salah satu hal yang kemudian menjadi produk utama ditawarkan perbankan adalah soal tabungan atau saving. Kedua bank tersebut menawarkan produk tabungan untuk para penggunanya. Namun kemudian ada perbedaan antara jenis produk tabungan yang ditawarkan oleh jenius dan juga yang ditawarkan oleh digibank. Warnanya simak perbedaan berikut ini:

Jenius Digibank
Flexi Saver
Dream Saver
Maxi Saver

Tabungan;
Tabungan maxi

4. Produk deposito

Kedua bank tersebut juga menawarkan produk deposito. Akan tetapi tentunya diantara kedua bank itu memiliki nama yang berbeda untuk produk Deposito yang ditawarkannya. Adapun nama yang dimaksud adalah:

  • Jenius = maxi Saver
  • Digibank = tabungan Maxi

Sementara itu mengenai perbedaan di antara keduanya, anda bisa lihat beberapa penjelasannya dalam poin berikut ini:

Maxi Saver (Jenius) Tabungan Maxi (Digibank)
Minimum 10 jt
Suku bunga 4% p.a
Cair sesuai jadwal

Tak ada minimum
Suku bunga3% p.a
Bisa dicairkan kapan saja

5. Fitur bayar beli

fitur bayar beli menjadi salah satu fitur penting yang juga pemilihan ditawarkan oleh aplikasi digital finansial. Demikian juga dengan yang ditawarkan oleh aplikasi jenius dan juga digibank. Anda bisa melakukan beragam proses transaksi mulai dari bayar tagihan bulanan, beli pulsa, listrik, sampai dengan top up e-wallet tindakan Melalui aplikasi tersebut.

Lebih Baik Digibank atau Jenius?

Yang menjadi Pertanyaan selanjutnya adalah tentang manakah yang lebih baik dari keduanya. Tentu anda harus bisa membaca dari banyak hal dan dan lebih detail juga membandingkan antara kedua aplikasi tersebut.

Beberapa pertimbangan di atas sebetulnya sudah cukup untuk Anda bisa memutuskan manakah yang akan dipilih untuk Anda jadikan partner virtual financial asisten anda. Menggunakan keduanya pun tidak ada masalah justru mungkin akan lebih baik untuk anda bisa coba buktikan sendiri.

Jadi Itulah sekilas informasi yang bisa disampaikan mengenai perbandingan antara jenius vs digibank. Malam ini anda bisa cari sendiri dan bahkan mungkin kita untuk coba keduanya terlebih dahulu. Semoga membantu.

Share

Belum ada Komentar untuk "Digibank vs Jenius: Mana yang Harus Dipilih?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel