Jenius vs Line Bank: Apa yang Sama dan Beda?

Jenius vs Line Bank: Apa yang Sama dan Beda?

 

jenius vs line bank

Saat kita akan memilih salah satu pilihan bank digital, tentu hal yang harus dilakukan adalah melakukan komparasi. Banyak sekali pilihan bank digital yang tersedia saat ini misalnya ada jenius dan juga line bank. Oleh karenanya kita di sini akan bahas secara lebih detail mengenai perbandingan dan review jenius vs line bank untuk bisa mengetahui manakah yang yang paling unggul.

Dari segi waktu kemunculan, tentu jenius adalah salah satu yang bisa dibilang senior. Pasalnya memang jenius sudah berdiri sejak tahun 2016 lalu. Sementara line bank baru saja muncul di tahun 2021. Dengan demikian tentunya dari segi fitur dan fasilitas serta teknologi yang ditawarkan keduanya tidak beda jauh. Ada beberapa persamaan yang dimiliki tapi juga ada beberapa perbedaan yang bisa kita temukan.

Sekilas Jenius dan Line Bank

2 bank ini memang memiliki perbedaan dari segi awal kemunculan para pemilik dari bank jenius serta line bank. Oleh karenany perlu untuk kemudian kita kenalan dulu sebelum coba pergi lebih jauh.

  1. Jenius adalah produk bank digital yang dihadirkan oleh Bank BTPN. Nomor rekening yang akan anda gunakan nanti adalah nomor rekening Bank BTPN. Jadi dia sendiri sudah hadir sejak tahun 2016 lalu. Bahkan digadang-gadang juga disebut sebagai salah satu bank digital pertama di Indonesia.
  2. Line Bank adalah bank digital terbaru yang merupakan produk hasil kerjasama hana Bank dengan line corporation melalui anak usahanya Line Financial. Jangkauan yang di ambil juga bukan untuk wilayah Indonesia saja tapi sampai wilayah Asia. Nomor rekening yang anda miliki nanti adalah nomor rekening atas nama Hana Bank.

Apa yang Sama dari Aplikasi Jenius vs Line Bank?

Dalam proses komparasi biasanya Salah satu hal pertama yang dilakukan adalah melakukan review terhadap apa yang sama dari kedua aplikasi tersebut. Demikian juga antara line Bank dan jenius. Keduanya tentu merupakan aplikasi finansial yang memiliki beberapa persamaan. Disini akan coba dijelaskan Dimana letak Persamaan dari kedua aplikasi itu:

a. Autentikasi

Persamaan pertama ada pada autentikasi. Di sini kedua bank tersebut memiliki dua pilihan harus dikasih yang harus digunakan. Adapun ke dua pilihan tersebut yakni:

  • Password: di aplikasi Line bank, password ini digunakan untuk membuka aplikasi di awal, sementara di bank jenius digunakan untuk otentikasi transaksi.
  • PIN: PIN adalah personal identification number yang digunakan untuk membuka aplikasi di jenius, dan untuk transaksi di Line bank.

b. Flexibility saving

Persamaan selanjutnya adalah adanya fitur flexibility seving. Para pengguna kedua aplikasi tersebut bisa menabung dengan beragam pilihan jenis yang diinginkan. Artinya secara fleksibel para pengguna bisa membuat beragam jenis tabungan.

  • Jenius: pengguna bisa membuat tiga jenis tabungan sekaligus mulai dari Flexi Saver, dream saver jenius dan Maxi Saver.
  • Line Bank: pengguna bisa membuat banyak jenis tabungan untuk beragam kebutuhan dengan nama dan background warna yang berbeda.

c. Fitur transaksi

Dari segi fitur transaksi sebenarnya memang juga tidak beda jauh dengan pilihan bank lainnya juga. Ada beberapa pilihan fitur transaksi yang disajikan oleh kedua pilihan aplikasi bank tersebut diantaranya:

  • Transfer sesama rekening atau bank
  • Transfer ke beda bank atau rekening
  • Transaksi Bill payment seperti tagihan atau pembelian pulsa dan lainnya

d. Debit card

Persamaan selanjutnya adalah bahwa kedua pilihan bank tersebut memiliki kemungkinan para pengguna memiliki kartu ATM atau kartu debit. Para pengguna bisa membuat beberapa kartu debit sekaligus. Untuk lain bank Anda bisa membuat empat jenis kartu debit dengan beragam pilihan jenis, sementara untuk jenius Anda bisa membuat beberapa pilihan jenis kartu debit melalui fitur X-card.

Apa yang Berbeda Dari Line Bank vs Jenius?

Ada telah kita di atas membahas tentang persamaan, selanjutnya tentu juga sangat penting untuk membahas soal perbedaan. Sebagaimana aplikasi lain untuk Mereka menginginkan untuk menghadirkan sesuatu hal yang berbeda.

Oleh karena itu dari hasil percobaan antara keduanya, ada beberapa perbedaan yang kemudian bisa kita lihat dan dapatkan. Berapa perbedaan itu diantaranya ada pada beberapa fitur dan layanan sebagai berikut:

a. Biaya transaksi

Pertama berhubungan dengan biaya transaksi. Biaya transaksi dari keduanya tentu memiliki beberapa perbedaan dan tentunya juga hal ini seringkali jadi bahan pertimbangan.

  • Line Bank: line bank menawarkan promo gratis 0 rupiah line bank bebasbayar untuk beragam jenis transaksi.
  • Jenius: Jenius memberikan promo gratis tarik tunai ataupun transaksi lain namun dalam bentuk kuota bulanan biasanya 25 kali perbulan

b. Tipe kartu

Kemudian hal yang membedakan lainnya dari kedua pilihan aplikasi tersebut dalam jenis dan tipe kartu. Adapun perbedaan dari kedua kartu yang digunakan adalah:

  • Jenius: Selain memiliki kartu debit tes fisik, jenis juga menawarkan elektronik card (e-card) atau kartu elektronik. Ini kemudian bisa digunakan untuk transaksi di belanja online.
  • Line Bank: Cabang 1 ini hanya menawarkan produk kartu fisik yang kemudian kita bisa cetak namun pilihannya ada 4 sekaligus yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

c. Deposito

Kedua pilihan bank tersebut menawarkan produk deposito tabungan. Para pengguna bisa menabung dengan mendapatkan suku bunga yang cukup kompetitif. Hanya saja memang ada beberapa perbedaan diantaranya:

  • Jenius: Minimum dana yang harus didepositokan adalah 10 juta dengan jangka waktu minimal 3 bulan
  • Line Bank: Minimum deposito nya sangat minim yakni 1 juta dan bisa berlaku hanya untuk satu bulan

Sementara itu untuk besaran bunga deposito yang bisa didapatkan memang sangat fleksibel karena terkadang berubah-berubah menyesuaikan dengan kebijakan bank Indonesia dan pihak bank itu sendiri.

d. Fitur e-Wallet

Untuk saat ini produk dari lain bank belum memiliki fitur pembayaran top-up e-wallet seperti go-pay, ovo dan banyak lagi lainnya. Sementara jenius sudah tersedia fitur tersebut untuk beberapa pilihan top-up yang terus bertambah ini hanya dan yang terbaru ada shopeepay. Tapi mungkin juga line bank ke depan akan ada fitur tersebut yang kemudian bisa digunakan.

Jadi demikian beberapa hal informasi penting yang kemudian bisa saya jelaskan untuk perbandingan antara jenius vs line bank. Selebihnya Anda bisa coba explore atau cari dan buktikan sendiri untuk instal dan buka rekening keduanya.

Share

Belum ada Komentar untuk "Jenius vs Line Bank: Apa yang Sama dan Beda? "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel