Apakah Ganti Kartu ATM Nomor Rekening Berubah?

Apakah Ganti Kartu ATM Nomor Rekening Berubah?
Apakah Ganti Kartu ATM Nomor Rekening Berubah

Banyak yang bertanya apakah jika kita melakukan pergantian kartu ATM, nomor rekening juga berubah? Pertanyaan itu jadi salah satu pertanyaan yang umum ditanyakan terutama bagi para pengguna pemula perbankan mulai BCA, BRI, BNI, Mandiri, dll di Indonesia. 

Sebagian diantara anda mungkin banyak juga yang masih belum mengetahui tentang jawaban dari pertanyaan tersebut.

Ya kartu ATM jadi salah satu kartu yang selama ini memang menyatu dengan rekening bank. Setiap orang yang punya rekening biasanya akan memiliki 1 buah kartu ATM. Kartu ATM sendiri berfungsi sebagai kartu debit. 

Kartu tersebut bisa digunakan untuk menarik tunai dana di di mesin ATM. Dana yang ditarik kemudian akan terhubung dengan saldo rekening yang dimiliki.

Setiap kita menarik dana melalui ATM, maka uang dari rekening pun akan berkurang. Hal itu karena memang ada hubungan yang sangat erat antara ATM dengan nomor rekening. Bisa dikatakan ATM ini sebagai salah satu media penghubung antara rekening dengan uang yang ditarik.

Terkadang Kita Harus Ganti Kartu ATM

Kartu ATM itu semacam barang publik yang terkadang suatu saat harus diganti. Proses pergantian kartu ATM ini memang menjadi salah satu hal yang sangat wajar dan biasa atau seringkali terjadi.

Pada umumnya biasanya memang pergantian kartu ini dilakukan karena beberapa alasan tertentu. Berikut adalah beberapa alasan kenapa kita harus ganti kartu ATM:

  • Expired: alasan pertama adalah karena kartu tersebut sudah expired atau melebihi batas waktu yang sudah ditentukan. Artinya bukan hanya makanan yang ada batas kadaluarsanya, tapi juga kartu ATM pun demikian. Jika sudah expired, maka tentu kita harus mengganti dengan baru.
  • Hilang: kartu ATM hilang juga bisa diganti ulang dengan kartu baru. Biasanya kita tinggal datang saja ke kantor Bank terdekat untuk menggantinya. Tapi ada juga yang mempersyaratkan Anda harus buat surat kehilangan dari kepolisian tapi ada juga yang tidak.
  • Rusak: kartu ATM rusak juga bisa Kemudian Anda perbaiki dengan menggantinya menggunakan yang baru. Kerusakan sendiri tentu bisa diakibatkan karena sesuatu hal fisik, ataupun juga error system di dalamnya.

Lalu, Apakah Ganti Kartu ATM Nomor Rekening Berubah?

Nah yang jadi pertanyaan adalah Apakah kalau kita ganti kartu ATM, maka nomor rekening juga akan berubah? Jawabannya tidak. Nomor rekening anda tetap aja yang dulu dari awal sampai akhir tidak akan ada perubahan nomor.

Semenjak Anda membuka rekening sampai mungkin ada menutupnya, nomor rekening tetap itu dan tidak akan berganti. Meskipun Anda berganti berkali-kali kartu ATM, maka nomor rekening anda tetap sama.

Kartu ATM itu hanya sebagai media saja sebagai penyalur dari data rekening anda. Hal ini terutama bisa kebutuhan transaksi. Jadi yang dipindahkan adalah data rekening Anda ke ATM kartu yang baru.

Tapi Nomor ATM Anda Pasti Berubah

Meskipun nomor rekening tidak berubah, tapi yang akan berubah adalah nomor ATM atau nomor kartu. Dalam kartu ATM itu, ada nomor khusus yang akan dimiliki. Nomor khusus itu terdiri dari:

  • 16 digit nomor debit
  • Bulan dan tahun aktif sampai expayer
  • Kode cvv

Nah nomor itulah yang kemudian nanti akan berubah dan berbeda dengan kartu ATM sebelumnya. Sementara untuk nomor rekening pastinya tidak ada perubahan sedikitpun dan tetap saja itu yang digunakan.

Share

Belum ada Komentar untuk "Apakah Ganti Kartu ATM Nomor Rekening Berubah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel