Cara dan Syarat WNA Buka Rekening Bank di Indonesia

Cara dan Syarat WNA Buka Rekening Bank di Indonesia
WNA Buka Rekening Bank di Indonesia

Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal sementara di Indonesia atau membuka bisnis dan ingin memiiki rekening Bank maka harus paham aturan dan syarat ketentuannya. Jika sebelumnya untuk membuka rekening Bank di Indonesia bagi WNA cukup sulit, namun kini ada kelonggaran terkait hal tersebut. Pahami terlebih dahulu mengenai syarat dan ketentuan untuk membuka rekening Bank tersebut. Kali ini kita bahas tentang panduan cara dan syarat bagi warga negara asing atau WNA untuk membuka rekening bank di Indonesia.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kini memberi kelonggaran syarat dan ketentuan bagi para WNA yang ingin membuka rekening Bank di Indonesia. Hal ini tentu saja memberikan kemudahan bagi investor asing untuk memiliki rekening Bank di Indonesia. Selain itu, hal ini juga bisa menstabilkan nilai rupiah serta menurunkan votalitas mata uang lokal terhadap dollar.

Syarat Buat WNA Membuka Rekening di Indonesia

Ada beberapa syarat ketentuan bagi WNA yang ingin membuka rekening Bank di  Indonesia. Persyaratan yang harus dipenuhi pastinya juga berbeda dengan persyaratan untuk warga lokal Indonesia. Selain itu ini juga syarat untuk pribadi, bukan untuk rekening toko online atau perusahaan dan lembaga. Beberapa persyaratan tersebut diantaranya yaitu:

  1. Foto Copy Identitas Diri seperti Paspor
  2. Salinan surat izin tinggal di Indonesia atau surat izin tinggal sementara KITAS /KITAP
  3. Foto 4x6
  4. Usia 21 Tahun
  5. Setoran Awal IDR 1.000.000 ($1000)

Itu merupakan syarat dasar dalam praktek untuk membuat rekening Bank indonesia bagi WNA. Pastinya setiap Bank memiliki syarat dan aturan yang tidak jauh berbeda perihal tersebut. Jika ada perbedaan mungkin hal ini mengacu pada aturan dari masing-masing Bank Indonesia.

Jika sudah mempersiapkan data yang diperlukan maka bisa langsung saja datang ke Bank tujuan pembukaan rekening. Di Indonesia ada banyak pilihan Bank yang bisa dipilih untuk membuka rekening. Misalnya saja BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, BJB, Permata, dan lainnya.

Prosedur Cara WNA Buka Rekening Bank di Indonesia

Bagi para WNA yang mau membuka rekening sebaiknya memang datang langsung ke kantor Bank terdekat. Ya, meskipun ada yang memang bisa online, tapi sebaiknya memang datang langsung secara online saja karena ada beragam persyaratan dan Mungkin pertanyaan yang diajukan. Sementara itu proses dan prosedur nya tentu sangatlah mudah. Para WNA bisa mengikuti beberapa tahapan berikut untuk membuka rekeningnya.

  1. Siapkan beberapa persyaratan di atas
  2. Datang ke kantor bank terdekat
  3. Ceritakan pada satpam ingin membuat rekening bank
  4. Anda akan diarahkan ke customer service
  5. Ceritakan pada customer service
  6. Dengarkan detail informasi
  7. Pilih salah satu jenis tabungan
  8. Isi formulir atau tanda tangan
  9. Bayar setoran pertama ke teller
  10. Dapatkan buku tabungan dan kartu ATM
  11. Selesai dan pulang

Mengingat setiap Bank pastinya memiliki syarat ketentuan berbeda, tentu aja WNA harus datang langsung ke Bank tujuan terkait syarat ketentuan pembukaan rekening. Pembukaan rekening Bank di Indonesia bagi WNA memang sudah banyak dilakukan. Khususnya bagi WNA yang melakukan investasi atau memiliki perusahaan di Indonesia.

Share

Belum ada Komentar untuk "Cara dan Syarat WNA Buka Rekening Bank di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel