Perbedaan Utama Antara Mobile dan Internet Banking

Perbedaan Utama Antara Mobile dan Internet Banking

 

Perbedaan Mobile dan Internet Banking

Mobile Banking dan juga Internet Banking merupakan fasilitas layanan perbankan yang disediakan oleh setiap bank. Apalagi saat ini, penggunaan transaksi online semakin banyak dan sangat dibutuhkan. Nah kali ini kita akan bahas perbedaan antara mobile dan internet banking  mulai BRI, BNI, BCA, Mandiri, dan lainnya yang penting untuk diketahui terutama para pemula.

Transaksi online seperti belanja online, transfer dana, memesan transportasi, membeli makanan, membayar tagihan, pembayaran listrik dan lain lain saat ini telah menjadi kebutuhan umum. Beragam aktivitas hanya dengan menggunakan ponsel saja sudah dapat memenuhi berbagai hal yang dibutuhkan.

Apa itu Mobile Banking?

Salah satu layanan perbankan yang diberikan oleh bank adalah Mobile Banking. Sama seperti sebutannya, mobile banking merupakan sebuah layanan yang digunakan dalam ponsel untuk memudahkan segala transaksi yang ingin di lakukan oleh nasabah.

Ada beberapa layanan transaksi yang dapat dilakukan dengan mobile banking seperti cek saldo, transfer, mutase rekening, pembayaran dan juga pembelian. Pada beberapa Bank tertentu, mobile banking juga memungkinkan nasabah untuk dapat melakukan penarikan tunai.

Apa itu Internet Banking?

Sama seperti mobile banking, internet banking juga merupakan salah satu layanan transaksi dari bank. Namun bedanya, internet banking hanya diakses melalui browser saja pada situs internet banking dari tiap tiap bank.

Internet banking juga menyediakan layanan cek saldo, mutase rekening, transfer uang, pembelian atau pembayaran hingga informasi rekening deposito.

Untuk dapat menikmati layanan perbankan dari keduanya, maka harus membuat dan mengaktifkan mobile dan internet banking terlebih dahulu. Untuk cara pendaftarannya sendiri cukup mudah dan dapat dilakukan melalui mesin ATM tiap Bank atau melalui CS.

Perbedaan Antara Mobile Banking dan Internet Banking

Perbedaan dari keduanya yaitu terletak pada akses dan juga cara penggunaannya. Pada mobile banking, biasanya bank menyediakan aplikasi yang dapat kita unduh melalui play store maupun app store, sedangkan internet banking hanya mengandalkan browser saja.

Dalam penggunaanya sendiri, mobile banking sangat mudah dan juga cepat apabila dalam keadaan yang mendesak atau darurat. Selain dari itu, semua fungsi dan fitur dari keduanya hampir sama. Lebih lanjut kita akan simak perbedaan mobile banking vs internet banking dengan lebih terperinci sebagai berikut:

1. Akses Perangkat

Mobile banking biasanya memang dioperasikan dalam hanya smartphone mobil saja. Sementara internet banking itu bisa diakses dengan menggunakan komputer atau laptop. Artinya memang keduanya memiliki perbedaan dari akses. Internet banking bisa diakses melalui mobile ataupun juga desktop. Sementara mobile banking hanya bisa diakses di Smartphone mobile saja baik Android atau iPhone.

2. Browser vs Aplikasi

Kalau internet banking biasanya memang diakses melalui browser baik itu di perangkat desktop komputer laptop ataupun juga smartphone. Artinya Anda mengakses melalui browser baik itu Safari, google Chrome, mozilla Firefox ataupun lain. Sementara Mobile Banking, itu mengharuskan anda untuk download aplikasinya terlebih dahulu lalu instal di Smartphone anda.

3. Kelengkapan Fitur

Kelengkapan fitur yang disajikan juga tentunya berbeda dimana biasanya fitur mobile banking itu lebih lengkap misalnya mobile banking m-smile yang serba bisa. Anda bisa mengakses dan menggunakan mobile banking ini untuk beragam kebutuhan transaksi dan lainnya dengan mudah dan cepat. Internet banking juga sebetulnya banyak tapi tidak sebanyak apa yang disajikan oleh fitur mobile.

4. Token vs PIN

Jika Anda menggunakan internet banking maka validasi untuk melakukan proses transaksi biasanya membutuhkan Apa yang disebut dengan token. Anda harus mengaktifkan token di bank terdekat melalui castamer service terlebih dahulu untuk kemudian nanti digunakan transaksi. Sementara Mobile Banking, proses transaksi bisa dilakukan dengan menggunakan PIN saja.

Setelah mengetahui perbedaan mobile dan internet banking, maka kamu dapat bebas memilih untuk menggunakan layanan yang mana sesuai dengan kebutuhan.

Share

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Utama Antara Mobile dan Internet Banking"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel