UM PTKIN Bayar Berapa? Berikut Detailnya!

UM PTKIN Bayar Berapa? Berikut Detailnya!

 

UM PTKIN Bayar Berapa?

Setelah sebelumnya ada jalur masuk SNMPTN dan SBMPTN, nah sekarang ada jalur masuk lain untuk bisa masuk perguruan tinggi. Salah satu jalur masuk tersebut adalah um-ptkin. Banyak yang kemudian bertanya tentang ini termasuk juga tentang um ptkin bayar berapa?

Apa itu UM PTKIN?

UM PTKIN merupakan kepanjangan dari ujian masuk perguruan tinggi keagamaan islam Negeri. Jadi ini merupakan salah satu jalur untuk para siswa masuk ke universitas atau perguruan tinggi Islam yang ada di Indonesia.

Jadi seluruh perguruan tinggi keagamaan Islam di Indonesia membentuk sebuah panitia penerimaan masuk. Nanti penerimaan masuk siswa dikelola oleh satu panitia jadi tidak satu persatu tiap kampusnya.

Apa Saja yang Masuk Kedalam PTKIN itu?

Ada beberapa lembaga perguruan tinggi yang masuk dalam kategori PTKIN tersebut. Apakah kalian sudah tahu apa saja kampusnya? Berikut adalah daftar pilihan kampusnya tersebut:

  • Universitas Islam Negeri (UIN)
  • Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
  • Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)

Jadi di dapat diketahui bahwa yang masuk dalam kategori PTKIN dan boleh untuk mengikuti ujian adalah untuk kalian yang mau kuliah di UIN, IAIN dan STAIN ya yang jumlahnya setidaknya ada 58.

Lalu, UM PTKIN Bayar Berapa?

Nah yang kemudian jadi pertanyaannya utama sebagaimana dalam judul artikel ini adalah tentang um ptkin bayar berapa. Biaya untuk mengikuti ujian komputer dalam upaya untuk masuk PTKIN ini adalah sebesar 200.000.

Biaya tersebut tentunya sama untuk beberapa jenis kategori kelompok ujian. Berbeda dengan SBMPTN yang biayanya ternyata berbeda bergantung pada kelompok dari rumpun pendidikan yang akan diikuti untuk ujiannya.

Metode pembayaran yang bisa digunakan nantinya sama dengan bayar sbmptn adalah dengan virtual akun bank BNI ataupun juga bank lainnya di seluruh Indonesia. Setiap peserta nanti akan mendapatkan virtual akun yang bisa dibayar melalui berbagai pilihan metode. Bahkan juga bisa dilakukan pembayaran melalui kantor pos.

Jadi sekilas itulah tentang penjelasan mengenai jawaban atas pertanyaan um ptkin bayar berapa. Semoga buat kalian yang mau daftar bisa lolos dan mengikuti ujian dengan lancar.

Share

Belum ada Komentar untuk "UM PTKIN Bayar Berapa? Berikut Detailnya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel