Bayar Tol Pakai Hp, Wah Emang Bisa?

Bayar Tol Pakai Hp, Wah Emang Bisa?

 

Bayar Tol Pakai Hp

Masyarakat Indonesia memang diminta untuk bisa segera mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Salah satu diantaranya soal pembayaran. Dulu pembayaran dilakukan menggunakan uang cash, lalu kemudian muncul pakai e-toll. Nah sekarang muncul juga informasi bahwa bayar tol pakai HP bisa dilakukan.

Perkembangan teknologi memang dibuat untuk memudahkan berbagai hal dalam kehidupan manusia. Salah satu hal di antaranya adalah soal pembayaran tol. Dengan adanya e-toll seperti brizzi, itu sudah sangat membantu sebetulnya mempercepat proses antrian.

Nah apalagi sekarang ada isu konon pembayaran tol bisa menggunakan handphone. Tentunya ini bisa lebih mudah dan efektif, apalagi katanya tidak perlu kita buka pintu kaca.

Pengguna Tol Wajib Punya HP Canggih

Adanya teknologi pembayaran tol pakai HP, ini menuntut para pengguna untuk memiliki HP yang canggih. Pasalnya memang teknologi yang dibutuhkan adalah integrasi antara perangkat dengan sebuah sistem berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF).

Ada berbagai jenis handphone yang memang disarankan untuk dimiliki oleh para pengguna tol di antaranya adalah yang yang mendukung fitur canggih seperti NFC. Beberapa jenis handphone yang support Soalnya ada iPhone 13, Samsung Galaxy Fold 3, xiaomi MI 11 dan lain-lain.

Cara Kerja Sistem Bayar Tol Pakai Hp

Saat ini memang ada banyak sekali teknologi canggih yang dikembangkan. Salah satu diantaranya dikembangkan dalam jalan tol bernama Sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF).

Cara kerjanya adalah dimana para pengguna harus memiliki handphone yang mumpuni. Lalu kemudian mendownload aplikasi cantas. Untuk untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut, pengguna harus melakukan registrasi terlebih dahulu.

Nanti pembayaran akan dilakukan secara otomatis melalui handphone. Satelit akan mengenali handphone para pengguna dan uang dari dompet digital akan berkurang otomatis.

Bakal Segera Diujicoba

Konon katanya aplikasi ini akan segera diuji coba di akhir tahun ini. Ada beberapa ruas tol yang kemudian akan diuji coba dengan cara memasang aplikasi handphone di pengguna sekaligus juga memasang On-Board Unit (OBU) di mobil.

Rencananya memang proses uji coba akan dilakukan pada beberapa apa itu ruas tol yang ada di Indonesia. Ini adalah ide besar ya mungkin diharapkan akan memberikan banyak keuntungan.

Jadi informasi seputar bayar tol pakai hp masih dalam ide dan pengembangan serta proses uji coba. Diklaim mah aplikasi dan metode ini akan mempercepat proses antrian. Cukup butuh sekitar 4 detik untuk bisa masuk dan keluar tol, pastinya lebih cepat.

Share

Belum ada Komentar untuk "Bayar Tol Pakai Hp, Wah Emang Bisa?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel