Perbedaan Mencolok Antara BCA dan BCA Digital

Perbedaan Mencolok Antara BCA dan BCA Digital

 

Perbedaan BCA dan BCA Digital

BCA Group memang bisa dikatakan sebagai salah satu perbankan yang cukup sukses di asia termasuk juga di Indonesia. Belum lama ini bank tersebut menghadirkan anak usaha bernama BCA digital. Nah kali ini kita akan bahas perbedaan antara BCA dan BCA Digital dari banyak hal serta segi baik layanan atau fitur yang dimiliki pada keduanya.

Terkadang mungkin para pengguna BCA biasa kebingungan juga untuk membedakan antara kedua pilihan tersebut sama dengan ketika membedakan bca mobile vs myBCA. Beberapa diantaranya ada yang menganggap bahwa keduanya sama. Padahal sebetulnya memang keduanya adalah bank yang berbeda. Oleh karenanya pasti akan ada beberapa perbedaan yang dimiliki oleh ke-2 bank tersebut meskipun sama-sama mengusung nama BCA.

Apa Perbedaan BCA dan BCA Digital?

Tanpa perlu berpanjang lebar, mari kita simak beberapa hal yang kemudian menjadi perbedaan BCA dan BCA digital. Perbedaan BCA vs BCA digital ini memang bisa dilihat dari banyak hal. Kita harus melihatnya secara komprehensif Dan juga mungkin data antara kedua pilihan itu untuk bisa memastikan kita tahu mana kelebihan dan kekurangan.

Nah berdasarkan analisa dan juga informasi yang didapatkan dari sumber resmi terpercaya, berikut adalah beberapa perbedaan antara BCA digital dan BCA:

1. Latar belakang kemunculan

Kemunculan BCA digital sebetulnya adalah untuk menyaingi tren digital banking yang saat ini cukup populer. Banyak bermunculan bank digital di Indonesia dan BCA sebagai salah satu bank besar di Indonesia tentu harus ambil bagian juga.

BCA digital sendiri sebetulnya dulunya adalah bank Royal yang diakuisisi oleh pihak BCA pada April 2019. Lalu Setahun kemudian di tahun 2020 hasil rapat perseroan, akhirnya memutuskan untuk mengganti namanya menjadi Bank Digital BCA.

2. BCA Digital dan BCA nomor rekening beda

Sama dengan BCA dengan bank BCA Syariah, nomor rekening yang digunakan antara keduanya tentunya berbeda. Demikian juga dengan bank BCA dengan bank BCA digital ini juga memiliki perbedaan dari nomor rekening yang digunakan.

Nomor rekeningnya bank BCA digital itu lebih panjang jumlahnya dibandingkan dengan nomor rekening BCA biasa. Hal ini juga mungkin jadi perbedaan mencolok cara mendasar dari segi nomor rekening.

3. BCA Digital Punya Brand Aplikasi Bernama "Blu"

Kemudian juga aplikasi yang dimiliki oleh BCA digital ini adalah bernama "blu". Itu adalah nama brand yang digunakan untuk aplikasi digital banking yang dimiliki oleh bank BCA digital. Sementara Bank BCA sendiri, mereka tidak memiliki nama brand khusus namun para pengguna bisa memanfaatkan aplikasi yang juga disajikan bernama BCA mobile atau mybca.

4. BCA punya banyak aplikasi/ baca digital hanya satu

BCA sebagaimana disebutkan diatas punya banyak aplikasi mobile yang bisa digunakan sebetulnya. Jika Anda coba cek di Google Play atau Apple Store dengan nama BCA, anda bisa menemukan banyak pilihan seperti BCA mobile, mybca, klikBCA, BCA Finance, halo BCA, info BCA, ebranch BCA, dan banyak lagi. Sementara untuk aplikasi  blu bybca digital, itu hanya satu aplikasi saja yakni aplikasi blu.

5. Branch dan Branchless

Perbedaan selanjutnya adalah dari segi kantor cabang dan tanpa kantor cabang. Kalau BCA biasa, kita masih bisa menemukan banyak sekali kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Sementara kelebihan BCA digital, ini memang konsepnya adalah digital banking yang mana menghindari kantor cabang. Hal ini kemudian disebut dengan istilah "BRANCHLESS"/ tanpa kantor cabang.

6. Layanan Offline dan Online

Bank BCA masih melayani para nasabah secara offline untuk beragam kebutuhan mulai dari setor dana, pembukaan rekening, pengajuan masalah dan lain sebagainya. Sementara BCA digital, kesemuanya dilayani full secara online. Para pengguna BCA digital bisa membuka rekening, bahkan menghubungi customer service Jika ada masalah secara online sepenuhnya tanpa ada harus bertemu langsung.

7. Card /Cardless

Nah kemudian juga dari soal kartu untuk kebutuhan tunai atau transaksi, BCA masih menawarkan produk kartu debit dan kartu kredit. Sementara Bank BCA digital memang sama sekali tidak menawarkan kartu apapun itu baik kredit atau debit. Tapi kekurangannya, bukan hanya kartu fisik saja yang tidak ada di BCA digital, tapi juga kartu BCA virtual tapi mungkin ke depan ada. Proses penarikan dana bisa dilakukan di seluruh ATM BCA tanpa menggunakan kartu sama sekali.

Jadi Itu sekilas yang kemudian bisa saya sampaikan mengenai perbedaan antara BCA dan BCA digital. Semoga Informasi yang disampaikan bisa memberikan pencerahan untuk anda. Terima kasih sudah membaca. Silakan bagikan jika dianggap bermanfaat,,

Share

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Mencolok Antara BCA dan BCA Digital"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel